PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Halmahera Timur pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design yaitu One-Group Pretest Prossttest Design. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Halmahera Timur yang berjumlah 15 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktifitas siswa (ranah afektif dan ranah psikomotorik) dan tes hasil belajar siswa berupa soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data dengan analisis Uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Halmahera Timur pada materi reaksi redoks dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 dengan presentase nilai gain sebesar 50 % dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Â Â Â Â Â Â
Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Reaksi Redoks
Â
Abstract
Â
This study aims to determine the effect of the problem based learning (PBL) model on the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 7 Halmahera Timur on redox reaction material. This type of research is a quasi-experimental design, namely One-Group Pretest Prossttest Design. Sampling using saturated sampling. The research sample was 15 students of class X SMA Negeri 7Â Halmahera Timur. The research data were obtained by using student activity observation sheets (affective and psychomotor domains) and student learning outcomes tests in the form of description questions. Based on the results of data analysis with the Wilcoxon Signed Ranks Test analysis, it was concluded that there was an effect of the problem based learning (PBL) model on the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 7 Halmahera Timur on redox reaction material with a significance value of 0.001 < 0.05 with a percentage gain value. by 50% in the medium category.
Keywords:
Model Problem Based Learning (PBL), Learning Outcomes, Redox Reaction.Â
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Farisi, A. Hamid, A. & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 (3), 283-287.
Fauzan, M. Gani, A. & Syukri M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 27-35
Irwan. Maridi. & Dwiastuti, S. (2018). Analisis Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Karas Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Mata Pelajaran Biologi Ditinjau dari Profil Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Proses Pembelajaran. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 1-8.
Janah, M. Widodo, A & Kasmul. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(1), 2097-2107
Karjono, A. & Wijaya. (2017). Analisis Pengaruh Roe, Der, Dan Tato Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Esensi, 20(2), 117-141.
Magdalena, O. Mulyani, S & Susanti, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Learning dan Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa ditinjau dari Kreativitas Verbal pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3(4), 162-169.
Oktaviani, A. & Notobroto, B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan. 3(2) : 128.
Pramudita, D. Supandi, & Zuhri, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pamotan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 2(1), 71-79
Pratiwi, Y. Redjeki, T & Masykuri, M. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 40-49.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v2i2.5624
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.