Pengaruh Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Modul Elektronik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA Negeri 11 Halmahera Timur
Sari
Abstrak
Pengaruh pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing menggunakan modul elektronik terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 11 Halmahera Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan design one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Halmahera Timur tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa yang terdiri hanya satu kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan ialah sampling jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data satatistik menggunakan SPSS windows version 21.0. sig<0,05 atau 0,000<0,05, hasil uji hipotesis diperoleh thitungl>ttabel atau 7.787>1,734, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ranah afektif sebanyak 55 dengan kategori cukup dan ranah psikomotorik sebanyak 53 dengan kategori cukup. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbatu modul elektronik terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai gain 0.18 dengan kategori rendah.
Kata Kunci:
Model Inkuiri Terbimbing, Modul Elektronik
Abstract
This research was conducted to determine the effect of guided inquiry model-based learning using electronic modules on student learning outcomes on chemical equilibrium material at SMA Negeri 11 Halmahera Timur. This type of research is experimental research using a one group pretest posttest design. The sample in the study was all students of class XI at SMA Negeri 11 Halmahera Timur for the academic year 2022/2023, totaling 19 students consisting of only one class. The sampling technique used is saturated sampling or the entire population is used as a sample. The instrument used in this study was in the form of 10 item essay questions used to measure students' cognitive learning outcomes, and observation sheets to measure affective and psychomotor domains. Statistical data analysis techniques using SPSS windows version 21.0. sig<0.05 or 0.000<0.05, the results of the hypothesis test are tcountl>ttable or 7,787>1.734, then H0 is rejected and H1 is accepted. The results of the affective domain were 55 in the sufficient category and the psychomotor domain was 53 in the sufficient category. The influence of the electronic module guided inquiry learning model on student learning outcomes is obtained from the gain value of 0.18 in the low category.
Keywords:
Guided Inquiry Models, Electronic modules
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustinus Elath dkk2022. 2022. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Pada Siswa Kelas.” 3(1):1–8. doi: 10.53682/charmsains.v3i1.142.
Budiarti, Santi, Murbangun Nuswowati, and Edy Cahyono. 2016. “KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Info Artikel.” Journal of Innovative Science Education 5(2):144–51.
Dewi, Agustina, Universitas Pendidikan, and Ganesha Singaraja. 2019. “Komparasi.” 3(2):85–93.
Mansyur, Abd Rahim. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1(2):113. doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.
Suparmi, Ni Wayan. 2019. “Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing.” Journal of Education Technology 2(4):192. doi: 10.23887/jet.v2i4.16548.
Agustinus Elath dkk2022. 2022. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Pada Siswa Kelas.” 3(1):1–8. doi: 10.53682/charmsains.v3i1.142.
Suparmi, Ni Wayan. 2019. “Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing.” Journal of Education Technology 2(4):192. doi: 10.23887/jet.v2i4.16548.
Budiarti, Santi, Murbangun Nuswowati, and Edy Cahyono. 2016. “KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Info Artikel.” Journal of Innovative Science Education 5(2):144–51.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6407
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.