Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Tidore Kepulauan Pada Materi Laju Reaksi

Faisal Fatah, Elsa Sriwahyuni, Muhammad Amin, Dira Ayu Annisa

Sari


 

Informasi Jurnal

 

Kata Kunci:               

Kesulitan Belajar Kimia, Kesulitan Materi Laju Reaksi, Kesulitan Belajar Kognitif

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar kognitif siswa kelas XI SMA N 12 Tidore Kepulauan dalam memahami materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 12 Tidore Kepulauan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 12 Tidore Kepulauan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay yang berjumlah 10 butir dan instrumen nontes berupa kuesioner berjumlah 15 butir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa SMA N 12 Tidore Kepulauan  pada materi laju reaksi berada pada kategori tinggi dengan persentase 88%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA N 12 Tidore Kepulauan pada materi  laju reaksi adalah 1) faktor internal yaitu pada aspek sikap dengan nilai persentase 45%, dan 2)  faktor eksternal yaitu pada aspek fasilitas sekolah dengan persentase 45%.

.

 

 

 

Keyword:

Difficulty Learning Chemistry, Reaction Rate Material Difficulty, Cognitive Learning Difficulty

 

Abstract

This research was conducted to determine the cognitive learning difficulties of class XI students at SMA N 12 Tidore Islands in understanding reaction rate material. This type of research is quantitative descriptive. The population in this study were all class XI students of SMA N 12 Tidore Islands. The sample in this research was class XI students at SMA N 12 Tidore Islands, totaling 20 students. The sampling technique is saturated sampling. This research instrument is a test instrument in the form of essay questions totaling 10 items and a non-test instrument in the form of a questionnaire totaling 15 items. The results of this research show that the learning difficulties of SMA N 12 Tidore Islands students in the reaction rate material are in the high category with a percentage of 88%. The factors that influence the learning difficulties of class XI students at SMA N 12 Tidore Islands regarding reaction rate material include internal factors and external factors. Internal factors are the attitude aspect with a percentage value of 45%, and external factors are the school facilities aspect with a percentage of 45%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2 (dua). Erlangga.

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F. and Mocerino, M. 2007.The develobment of a two-tier multiple-choice diagonistik instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reaktions using multiple levels of representation. Chemistry Education Research And Practice, 8 (3), 293-307

Dimiyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Darminto, 2006. Pembelajaran Kimia Yang Berkualitas. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia “Chemica“, Edisi Khusus 2 Oktober 2006, Universitas Negeri Makasar.

Ineng, J. (2015). Deskripsi Hirarki Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo dalam Memahami Materi Ikatan Kimia dengan Menggunakan Instrument Tes Terstruktur. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(1), 70–73.

Kimia Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa untuk SMA/MA Kelas XI BAB 4. hlm.107 : 110.

Krik, A. Samuel & Gallagher, J. James (1989).Educating Exceptional Children. Buston: Houghton Mifflin Company.

Laliyo, L.A.R.(2011). Model mental siswa dalam memahami perubahan wujud zat. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1), 1–12.

Laliyo, L.A.R. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif spasial terhadap hasil belajar ikatan kimia siswa kelas XI SMA Negeri di Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 14–27.

Lerner, Janet. 2000. Learning Disabilitites -9th edition, Buston: Houghton Miffilin Company.

Laliyo, L. A. R., Hamdi, S., Pikoli, M., Abdullah, R., & Panigoro, C. (2021). Implementation of Four-Tier Multiple-Choice Instruments Based on the Partial Credit Model in Evaluating Student’s Learning Progress. European Journal of Educational Research,10(2),825–840.

Nusi,K., Laliyo,L.A.R., Suleman, N., & Abdullah, R. (2021). Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 118–127.

Nazar, Muhamad dkk. Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Konsep Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Universitas Syiah Kuala.

Petrucci, R., Harwoord, W., Herring, F., & Madura, J. (2008).Kimia Dasar Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Moderen Edisi Kesembilsn Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara.

Ristiyani, E & Baharia.ES (2016).Analisis kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMA X Kota Tanggerang Selatan.FTK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sinjiwani,NLI, Muderawan IW, Sudiana IK (2018).Analisis Kesulitan Belajar Kimia SMA Negeri 2 Banjar.Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesi. Vol.2.No.2.

Sugiyono (2008).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sudarmo, U. (2013).Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga.

Supardi.(2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2015).Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek.Yokyakartya: penerbit Ar-Ruzz.

https://repositori.kemdikbud.go.id/20653/1/kelas%20XI_Kimia_%203.6,pdf




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.