PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X MAS AL- MUNAWWARAH LOLEOJAYA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Nurbani Ajudin, Nurfatimah Sugrah, Ahmad Muchin Jayali, Linda Kurnia Mustafa, Khusna Arif Rakhman

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk pengaruh model problem based learnig terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X Mas Al-munawwarah pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian  ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu per eksperimental one gorup pritest-postest ,lembaran angket dan respon siswa dengan jumlah sampel yang digunakan 16 siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengaru model  PBL terhadapa hasil belajar dan motivasi siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan interpretasi normal. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 21,0 dengan uji pired sample t test. Dapat disimpulkan bahwa pengaru model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi tetapi tidak ada hubungan hasil belajar dan motivasi. diperoleh nilai sign sebesar 0,001 (P) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. diperoleh mean rank atau rata-rata penigkatannya sebesar 20,06 dengan interpretasi rendah.

 

Abstract

Studi This was done with the aim of determining the influence of the problem based learnig model on the learnig outcomes and motivation of class X Mas AL-Munawwarah students on chemical boding material. This type of research is experimental research with a research  desing, namely per experimental one group test-posttest, questionnaire sheets and student responses. with a total sample of 16 students. Based on data analysis, it can be concluded that the influence of the PBL model on student learning outcomes and motivation can improve student learning outcomes with normal interpretation. This is in accordance with the results of hypothesis testing using SPSS 21.0 with the Experimental One Groups test. It can be concluded that the influence of the PBL model on student learning outcomes and motivation can improve learning outcomes and motivation but there is no relationship between learning outcomes and motivation. obtained a sign value of 0.001 (P) < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. The mean rank or average increase was 20.06 with a low interpretation.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pratiwi, I.dan Ani, W. 2012. Pembelajaran Akuntansi Melalui Reciprocal Teaching Model Untuk meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Dalam Materi Mengelolah Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , 10(2): 133-152

Rozaq, Mukhamad Nufal.,Herlambang Admaja Dwi & Wijoyo, Santrio Hadi. 2022. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terdapat Hasil Belajar secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan si SMK PGRI 1 Kota Pasuruan. Jurnal pengembangan Teknologi Informasih dan Ilmu Komputer. Vol 6, No 7

Suyanto dan Jihad, A. 2013.Menjadi Guru Profesional.Jakarta : Erlangga

Zubaidah Siti dkk. Buku Ajar IPA Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018.

Asni, Asni, Wildan Wildan, and Saprizal Hadisaputra. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon.” Chemistry Education Practice 3(1): 17.

Badjeber, Rafiq, and Siti Fatimah. 2015. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta.” Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 20(1): 18.

Muin, Fadlan et al. 2022. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SMA MUHAMMADIYAH 4 TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI TATA.” 2: 12–16.

Negm, Nabel A. et al. 2020. “Advancement on Modification of Chitosan Biopolymer and Its Potential Applications.” International Journal of Biological Macromolecules 152: 681–702. https://doi.org/10.1016/j.ijbiomac.2020.02.196.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor