Persepsi Guru Terhadap Kepraktisan Model SOLE-Project dalam pembelajaran Kimia SMA

Harfani Burhami, St. Hayatun Nur Abu, Nurul Aulia Rahman, Khadijah Khadijah

Sari


Abstrak

Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan menggunakan one-shot case study  design yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap kepraktisan model pembelajaran SOLE-project  (Self Organized Learning Environment berorientasi Project) dalam pembelajaran kimia SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang  guru  kimia SMA Negeri 2 Bone. Data tentang persepsi guru terhadap pembelajaran SOLE-Project dikumpulkan dengan menggunakan angket respon guru pada pelajaran kimia. Angket respon guru berisi penilaian terhadap perangkat pembelajaran seperti RPP, media pembelajaran, bahan ajar, LKPD dan  instrumen yang digunakan sampai pada penggunaan tata bahasa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif. Berdasarkan respon guru terhadap model pembelajaran SOLE-Project diperoleh bahwa rata-rata persentase skor responden  adalah 88,8%  dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti  bahwa  model pembelajaran SOLE-Project sangat praktis dan bermanfaat bagi guru pada proses pembelajaran kimia.

 

Kata Kunci:               

Persepsi guru, model SOLE-Project, HOTS

Abstract

This research is a pre-experiment using a one-shot case study design that aims to describe teacher perceptions of the practicality of the SOLE-project (Self Organized Learning Environment oriented Project) learning model in high school chemistry learning. The subjects in this study were two chemistry teachers at SMA Negeri 2 Bone. Data on teacher perceptions of SOLE-Project learning were collected using a questionnaire of educator responses in chemistry lessons. The educator response questionnaire contains an assessment of learning tools such as lesson plans, learning media, teaching materials, LKPD and instruments used up to the use of grammar. The data analysis technique in this study is descriptive data analysis. Based on educator responses to the SOLE-Project learning model, it was obtained that the average percentage of respondents' scores was 88.8% with a very good category. This means that the SOLE-Project learning model is very practical and useful for educators in the chemistry learning process.

Keyword:Teacher perception, SOLE-Project model, HOTS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu, S.H.N., 2024. Pengembangan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berorientasi Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA. Disertasi. Program Pasca sarjana UNM. Makassar.

Abu, S.H.N., Bundu, P., & Haling, Abd. 2024. Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments ( SOLE ) berorientasi Project. Penerbit Amerta Media. Jawa Tengah.

Ahmad, N., Setyowati, L., & Pujaning, A. (2020). Analisis Sistem Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Biotik, 8(1), 11–23. Https://Doi.Org/10.22373/Biotik.V8i1.6600

Hamid, L. O. I. M., & Suryadi, R. (2021). Implementasi Pembelajaran Model Sole (Self Organized Learning Environment) Berbantu Aplikasi Edpuzzle Dalam Pembelajaran Daring. Open Journal Systems, 16(5), 6983–6992

Indah, P. (2020). Development Of HOTS ( High Order Thinking Skill ) Increase The Critical Thinking Skill Of High School. 4(April). Https://Doi.Org/10.20885/Ijcer.Vol

Kusasi, A. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Guruan Fisika, 5(2), 175. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2833.

Mutiasari, M. (2021). Penerapan Model Self Organized Learning Environment Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 9(2), 95–103.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.

Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., & Sihombing, H. B. M. (2020). Penerapan Project Based Learning Berbasis HOTS untuk Menciptakan Media Pembelajaran yang Inovatif. Jurnal Guruan Fisika, 9(2), 78–90

Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments ( SOLE ) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. 6(3), 321–328.

Tegeh, I Made & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Guruan. Singaraja:Universitas Guruan Ganesha.

Zubaidah, 2017. Keterampilan Abad ke-21 Ketrampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding. Malang: Jurnal Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9310

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor