Kesulitan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar

Meidayanti Buyung, Nurma Angkotasan, Ariyanti Jalal

Sari


Penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel di tinjau dari gaya belajar pada siswa SMA Negeri 4 Kota Ternate. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisioner, instrument tes, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan simpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-8 di SMA Negeri 4 Kota Ternate, kemudian diambil 6 siswa sebagai subjek yang diwawancarai diantaranya 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukan: 1) Subjek V-1 dan subjek V-2 dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan berpikir reflektif matematis, diantaranya kesulitan menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel, menentukan titik-titik koordinat, mensubstitusikan nilai nol, membuat model matematika, membaca grafik, menjabarkan titik-titik koordinat pada grafik dalam bentuk kalimat matematis, mengingat rumus mencari sebuah persamaan, menentukan simbol pertidaksamaan, menggambar grafik, menentukan daerah himpunan penyelesaian, menentukan sistem pertidaksamaan linear variabel dari sebuah grafik, dan kesulitan memeriksa kebenaran jawaban. 2) Subjek A-1 dan subjek A-2 dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan berpikir reflektif matematis, diantaranya kesulitan menghitung dan menentukan titik-titik koordinat, membuat model matematika, membaca grafik, menjabarkan titik-titik koordinat pada grafik dalam bentuk kalimat matematika, mengingat rumus mencari sebuah persamaan, menentukan simbol pertidaksamaan, menggambar grafik, menentukan daerah himpunan penyeesaianl, menentukan pertidaksamaan linear dua variabel berdasarkan grafik dan kesulitan memeriksa kebenaran jawaban. 3) Subjek K-1 dan subjek K-2 dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan berpikir reflektif matematisa, diantaranya kesulitan menghitung dan menentukan titik-titik koordinat, membuat model matematika, membaca grafik, menjabarkan titik-titik koordinat pada grafik dalam bentuk kalimat matematika, mengingat rumus mencari sebuah persamaan, menentukan simbol pertidaksamaan, kesulitan menggambar grafik, menentukan daerah himpunan penyelesaian, mencari sistem pertidaksamaan linear dua variabel berdasarkan grafik yang diketahui dan kesulitan memeriksa kembali kebenaran jawaban.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v3i2.6134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.