MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL TALKING STICK
Mardiana Bugis, Susanti Bobikrit
Sari
Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui Bagaimana proses penerapan model talking stick pada pemelajaran keterampilan beribicara siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kota Ternate 2) Untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari empat tahapan rangkaian yaitu: Tahap Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Sujek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah keterampilan berbicara siswa pada siklus I menunjukan bahwa dari jumlah 30 siswa yang hadir terdapat 14 siswa atau 46% siswa yang mencapai ketuntasan KKM sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 16 siswa atau 54% dengan nilai rata-rata 58% pada siklus I. Dilanjutkan dengan siklus II yang mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 23 siswa atau 76% dan 24% atau 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 73% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate