Pelayanan Informasi Tujuan Wisata Berbasis Semantik

Kadek Dwi Pradnyani Novianti

Abstract


Kunjungan wisatawan ke Bali tercatat meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah wisatawan ini dibarengi dengan pemanfaatan media promosi secara maksimal yang digunakan untuk dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya menggunakan pemanfaatan teknologi berupa e-tourism. E-tourism memiliki tiga kategori yaitu pelayanan informasi, pelayanan transaksi dan pelayanan komunikasi. Dalam hal pelayanan informasi masih sangat sulit bagi seorang wisatawan untuk mengumpulkan informasi mengenai tempat wisata yang ingin dikunjunginya. Banyak waktu dan biaya yang diperlukan untuk membuka satu persatu informasi yang diperoleh dari banyak alternatif situs sebagai hasil pencarian informasi. Dalam upaya mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan semantic web dan ontologi sebagai representasi informasi pada sistem temu kembali informasi pariwisata yang ada di daerah Bali. Semantic web memungkinkan pencarian informasi menjadi lebih cerdas dan efisien. Semantic web bekerja dengan mengidentifikasi makna dari setiap kata kunci yang dimasukan oleh pengguna, lalu melakukan pencarian ke dalam ontologi sebagai representasi pengetahuan yang digunakan. Sistem ini secara khusus ditujukan untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali agar memperoleh informasi yang lebih relevan mengenai daerah wisata yang ingin dikunjungi.

Keywords


web semantik, pelayanan informasi, e-tourism, ontologi



DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v5i1.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Editorial Office :
Protek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek