Efektivitas Penerapan Blended Learning dengan Moodle sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Simulasi Digital

Irma Yuliana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan keefektifan Moodle sebagai media pembelajaran terintegrasi (blended learning) dengan sistem konvensional untuk mata pelajaran Simulasi Digital kelas X  di lingkungan SMK Muhammadiyah Kartasura Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan waterfall. Pengembangan Moodle sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Simulasi Digital melalui tahap abalysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kelayakan.. Hasil penilaian ahli media dikatakan sangat layak dengan rata-rata keseluruhan mendekati 100% dan penilaian dari ahli materi termasuk kategori sangat layak dengan rata-rata keseluruhan 95,4%. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U Test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,00, jika sig < 0,05 maka H0 tidak diterima dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar dari peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian Moodle sebagai media blended learning pada mata pelajaran simulasi digital dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.


Kata Kunci


blended learning, Moodle, Simulasi Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Li, Y. Ni, P. Zhou, and Y. Zheng, “Pedagogy in the information age: Moodle-based blended learning approach,” IFCSTA 2009 Proc. - 2009 Int. Forum Comput. Sci. Appl., vol. 3, pp. 38–40, 2009.

T. Lamia, H. Ashouri, and T. Sarra, “Lesson via the e-learning platform MOODLE,” 2017 Jt. Int. Conf. Inf. Commun. Technol. Educ. Train. Int. Conf. Comput. Arab. ICCA-TICET 2017, 2017.

Ž. Namestovski, M. Takács, and B. Arsović, “Supporting traditional educational process with e-learning tools,” 2012 IEEE 10th Jubil. Int. Symp. Intell. Syst. Informatics, SISY 2012, pp. 461–464, 2012.

T. Mchichi, P. Estraillier, and K. Afdel, “Web 2.0 based e-learning: Moodle-openmeetings platform,” Int. Conf. Multimed. Comput. Syst. -Proceedings, 2011.

Hermawanto, S. Kusairi, and Wartono, “Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 9, no. 57, pp. 67–76, 2013.

N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90–102, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i1.998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia
 
Email : protek@unkhair.ac.id

 View PROtek Stats