Pengaruh Ampas Tebu Terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Terong Hijau

Yakobus Bustami

Sari


Penelitian ini mempelajari pengaruh ampas tebu terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terong hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ampas tebu terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terong hijau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Rancangan dalam penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) setiap perlakuan terdiri dari 5 ulangan. Data yang akan diukur tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun dan jumlah buah. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji anova dan dilanjutkan dengan uji Least Significanca Different (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ampas tebu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terong hijau. Pertumbuhan tanaman terong hijau dengan pemberian ampas tebu menghasilkan rata-rata tinggi tanaman (27,8), panjang daun (20,77), jumlah daun (11 helai) dan jumlah buah (8 buah). Hasil ini diperkuat dengan analisis sidik ragam yaitu , dimana tinggi tanaman (33,38˃2,87), panjang daun (33,39˃2,87), jumlah daun (41,89˃2,87) dan jumlah buah (32˃2,87). Selanjutnya, Uji Least Significanca Different (LSD) menunjukkan bahwa ampas tebu perlakuan keempat (1500 gram) berpengaruh optimal terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terong hijau.

Kata Kunci: Ampas tebu, pertumbuhan, produktivitas, terong hijau


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhitya, W. F, Hartono D., dan Awirya, A. A. 2013. Determinan Produktivitas Lahan Pertanian Subsektor Tanaman Pangan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 14. No 1 Hal 110-125.

Andriyanti, W., Suyanti. dan Ngasifudin. 2012. Pembuatan dan Karakterisasi Polimer Superabsorben dari Ampas Tebu. Jurnal Ilmiah Teknologi.Vol 13. No. 1 Hal 2.

Anonim, 2013. Mikroorganisme Lokal, Solusi Bagi Petani. [diakses 5 juli 2013 pada situs http://isroi.wordpress.com].

Dinawati, N. R. 2017. Pengaruh Pupuk Kandang Berbahan Kotoran Ayam terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum var. Longum). Skripsi. Tidak diterbitkan.

Eby, K. 2017. Pengaruh Arang Serbuk Kayu Berbantuan Mol Dari Bonggol Pisang Sebagai CampuranMedia Tanam Terhadap PertumbuhanTanaman Terung Ungu (Solanum Melongena L). Skripsi. Tidak diterbitkan.

Ekowati, D., Dan Nasir, M. 2011. Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea Mays L.) Varietas Bisi-2 Pada Pasir Reject Dan Pasir Asli Di Pantai Trisik Kulonprogo (The Growth of Maize Crop (Zea Mays L.). Jurnal Manusia Dan Lingkungan. Vol. 18. No.3 Hal, 220 – 231.

Fitrianah, L., Fatimah S. dan Hidayati, Y. 2012. Pengaruh Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Kandungan Saponin Pada Dua Varietas Tanaman Gendola. Jurnal Agrovigor. Vol 5. No 1 Hal 2.

Fitriani, A. 2011. Pengaruh Jenis Bahan Organik yang Berbeda Sebagai Media Tanam terhadap Pertumbuhan BibitJelutung. Jurnal Agroscientiae. Vol18. No 1 Hal 2.

Haryoto. 2013. Bertanam Terong dalam Pot. Yogyakarta: Kanisius.

Huruna, B., dan Maruapey A. 2015. Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Terung (Solanum melongena L) Pada Berbagai Dosis Pupuk Organik Limbah Biogas Kotoran Sapi. Jurnal Agroforestri. Vol 03. No. 10.

Kahar, Paloloang, A. K., dan Rajamuddin, A. R. 2016. Kadar N, P, K Tanah, Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung Ungu Akibat Pemberian Pupuk Kandang Ayam dan Mulsa Pada Tanah Entisol Tondo. Jurnal Agrotekbis. Vol 04. No 1 Hal 34-42.

Kemas, A. Hanafiah. 2014. Rancangan Percobaan Teoridan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Lopita. 2016. Pengaruh Penyiraman Air Teh (Camellia sinensis L.) terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L). Skripsi. Tidak diterbitkan.

Marviana, D. D. 2014. Respon Pertumbuhan Tanaman Terung (Solanum melongena L.) Terhadap Pemberian Kompos Berbahan Dasar Tongkol Jagung dan Kotoran Kambing Sebagai Materi Pembelajaran Biologi Versi Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi: Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Rahimah, M, Mardhiansyah., dan Yoza D. 2015. Pemanfaatan Kompos Berbahan Baku Ampas Tebu (Saccharum Sp.) dengan Bioaktivator Trichoderma Spp. Sebagai Media Tumbuh Semai Acacia Crassicarpa. JurnalJom Faperta. Vol. 2 No. 1 Hal 3.

Wasis, B. Istantini, A. 2013. Pengaruh Pemberian Arang Tempurung Kelapa dan Kotoran Sapi (Bokashi) terhadap Peningkatan Pertumbuhan Semai Jabon (Anthocephalus cadamba Miq.) pada Media Tanam Tailing Tambang Emas. JurnalSilvikultur Tropika. Vol 4 No.2 Hal 82-87.

Yanti, S. 2017. Pengaruh Konsentrasi Urine terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum lycopercium commune). Skripsi. Tidak diterbitkan.

Yuliani, F. 2009. Pertumbuhan dan Produksi Jamur Merang (Volvariella Volvaceae) yang Ditanam pada Media jerami, Blotong dan Ampas Tebu dengan Berbagai Frekuensi Penyiraman. Skripsi. Kudus. Fakultas Pertanian UMK.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Techno: Jurnal Penelitian is Indexed By:

    

 

STATISTIK JURNAL