LITERASI DALAM BELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) DIPADU THINK PAIRE SHARE (TPS)

Nadra Alkatiri, Ade Haerullah, A.R Tolangara

Sari


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh PBMP + TPS terhadap peningkatan literasi dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-postttest, dengan subyek penelitian menggunakan dua kelas pada kelas XI SMA Alkhairaat di Kota Ternate. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran PBMP dipadu TPS dan satu kelas lainnya sebagai kelas control yaitu kelas dengan pembelajaran TPS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen test literasi. Data dianalisis menggunakan uji prasayarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan anakova pada SPSS 16,0 for Windows .Hasil penelitian menunjukan  bahwa  perpaduan model PBMP + TPS berpengaruh terhadap peningkatan  literasi dalam pembelajaran siswa di sekolah. Penggunaan model Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Think Paire Share (TPS) memberikan pengaruh yang berbeda dibanding dengan hanya menggunakan TPS saja. Kegiatan-kegiatan dalam Pembelajaran PBMP+TPS membantu siswa mengeksplorasi kemampuannya.Pola PBMP+TPS menunjukan variasi proses pembelajaran pada mata pelajaran biologi di SMA. Siswa lebih diberdayakan sehingga aktif dalam memperoleh pengetahuannya sendiri.

Kata Kunci : Literasi, pembelajaran biologi, PBMP, TPS


Teks Lengkap:

Hal. 32-43


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1078

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.