PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Teams-Games-Tournaments (TGT) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEPULAUAN SULA

Saidah Daeng Hanafi, Taslim D Nur, Arini Zohratun Nashicah

Sari


The era of the industrial revolution 4.0, data-based, technology and humanist education that contains various media as learning support becomes more effective to improve mindsets, interest in learning, attract students' attention and achieve the goals or objectives of the learning process carried out. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the Teams-Games-Tournaments (TGT) learning model with video-assisted learning on critical thinking skills in class X students at SMA Negeri 1 Sula Islands. This research is a quasi-experimental research (Quasy Experiment). The sample of this study consisted of two classes, namely class X-A as the experimental class, X-B as the control class with 72 students. The instrument used is a test to measure cognitive learning outcomes. Data analysis used the SPSS-assisted normality and homogeneity test, while the hypothesis test and relationship test used the Anacova test. The results showed that there was an effect of implementing the Teams-Games-Tournaments (TGT) learning model on the critical thinking skills of Class X students at SMA Negeri 1 Sula Islands with a significant level of 0.009 while the average value of post-test critical thinking skills in the experimental class was 67. ,13% and the control class is 63.73%.

Kata Kunci


Teams-Games-Tournaments; Learning videos; Critical Thinking Ability

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ammy dan Wahyuni. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5 (1), 29

Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6, 45. doi: 10.25273/florea.v6i1.4369

Bustami, dkk. 2022. Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Jurnal BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.7. No.1.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.

Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga

Herling. 2021. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5

Husen. A., Indriwati, E.S., & Lestari. U. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa sma melalui implementasi problem based learning dipadu think pair share. Jurnal Pendidkan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6). 853-860. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/art icle/view/9547/4528

Jumrodah, J., Liliasar, S., Adisendjaja, Y., & Sanjaya, Y. (2021). Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(2), 68-78. http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.43 37

Mariza, M. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigasion untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan di kelas viii a sekolah menegah pertama agropolita nurul ma’arif tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Tidak diterbitkan.

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., ... &Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers' Survey and Perspective.Journal of Technology and Science Education,9(3), 269-281

Nadaek. B., & Juwita, P.C., & Sormin. E. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi covid- 19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98-104. http://jurnal.konselingindonesia.com/inde x.php/jkp/article/view/466/281

Novita . 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Primary Education. Vol. 3, No. 2

Prihastuti, I., Widodo, A., Liliasari, & Riandi. (2021). Belajar melalui video untuk melatih keterampilan berpikir kritis guru IPA. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(1), 37-43. http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.42 10

Qoyimah, 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi VN Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol 5 No 2, ISSN 2503-1945

Rasiman & Kartinah.2013. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. dalam http: //eprints. upgrismg. ac.id/33/1/I. %20MAKALAH %20KIRIM%20uns- 2013-uns-eprints.pdf. diakses tanggal 2 Agustus 2022.

Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, C. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mengembangkanprofesionalitas guru. Jakarta: Raja Grafindo

S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Ulfa, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pab 25 Medan T.P 2020/2021. http:/ /repository. umsu.ac. id/handle/ 123456789/16803

Wayudi., M, Suwatno., & Santoso. B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1). 67-82. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanp er/article/view/25853/12241

Zubaidah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil Berbasis Masalah secara Klasikal dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau: Pekanbaru

Zulfadewina, Z., Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman, Z. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314. https: //doi. org/10.31004/ basicedu. v4i4.5 51




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5208

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.