PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Teams-Games-Tournaments (TGT) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEPULAUAN SULA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ammy dan Wahyuni. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5 (1), 29
Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6, 45. doi: 10.25273/florea.v6i1.4369
Bustami, dkk. 2022. Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Jurnal BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.7. No.1.
Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.
Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga
Herling. 2021. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5
Husen. A., Indriwati, E.S., & Lestari. U. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa sma melalui implementasi problem based learning dipadu think pair share. Jurnal Pendidkan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6). 853-860. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/art icle/view/9547/4528
Jumrodah, J., Liliasar, S., Adisendjaja, Y., & Sanjaya, Y. (2021). Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(2), 68-78. http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.43 37
Mariza, M. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigasion untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan di kelas viii a sekolah menegah pertama agropolita nurul ma’arif tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Tidak diterbitkan.
Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., ... &Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers' Survey and Perspective.Journal of Technology and Science Education,9(3), 269-281
Nadaek. B., & Juwita, P.C., & Sormin. E. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi covid- 19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98-104. http://jurnal.konselingindonesia.com/inde x.php/jkp/article/view/466/281
Novita . 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Primary Education. Vol. 3, No. 2
Prihastuti, I., Widodo, A., Liliasari, & Riandi. (2021). Belajar melalui video untuk melatih keterampilan berpikir kritis guru IPA. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 6(1), 37-43. http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.42 10
Qoyimah, 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi VN Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol 5 No 2, ISSN 2503-1945
Rasiman & Kartinah.2013. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. dalam http: //eprints. upgrismg. ac.id/33/1/I. %20MAKALAH %20KIRIM%20uns- 2013-uns-eprints.pdf. diakses tanggal 2 Agustus 2022.
Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, C. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mengembangkanprofesionalitas guru. Jakarta: Raja Grafindo
S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Ulfa, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pab 25 Medan T.P 2020/2021. http:/ /repository. umsu.ac. id/handle/ 123456789/16803
Wayudi., M, Suwatno., & Santoso. B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1). 67-82. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanp er/article/view/25853/12241
Zubaidah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil Berbasis Masalah secara Klasikal dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau: Pekanbaru
Zulfadewina, Z., Sucipto, A., Iba, K., & Zulherman, Z. (2020). Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Jurnal Basicedu, 4(4), 1308–1314. https: //doi. org/10.31004/ basicedu. v4i4.5 51
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5208
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.