MODEL PjBL BERPENDEKATAN STEM UNTUK LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS IX MTS SAHABAT CENDIKIA KOTA TERNATE

Jassia I. Pagala, Ade Haerullah, Muhammad Nur Kadir

Sari


Pendekatan STEM adalah suatu pendekatan yang diharapkan mampu membantu siswa mengintegrasikan aspek Science, Technology, Engineering, and Mathematics yang memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Literasi sains (scientific literacy) merupakan hal yang penting untuk dikuasai karena aplikasinya yang luas dan hampir di segala bidang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL berpendekatan STEM terhadap peningkatan literasi sains biologi pada siswa kelas IX MTS Sahabat Cendikia Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa MTS Sahabat Cendikia pada materi sistem pewarisan sifat. Hal ini terlihat dari adanya perbedaan  nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Rata-rata posttest kelas eskperimen dengan nilai rata-rata sebesar 97, sedangkan kelas kontrol sebesar 81. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL berpendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa MTS Sahabat Cendikia kota Ternate.

Kata Kunci


literasi sains; PjBL; STEM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiyyah, S. R. (2014). Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan Pendekatan Saintifik di Kelas IV A SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/16623/

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 331–336. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4755

Amri, M. Y. B., Rusilowati, A., & Wijayanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 80–92. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19262

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of Integrative Approaches among Science , Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning: A Preliminary Meta-Analysis. Journal of STEM Education, 12(5), 23–38.

Creswell, J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Pustaka Pelajar.

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017: STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, 1(1), 198–206. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/688

Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). Rekonstruksi Paradigma Pembelajaran IPA (Teori dan Aplikasi di Madrasah) (J. Sahil & M. Yusuf (eds.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ Roles and Identities in Student-Centered Classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6

Kusuma, J. W., Hamidah, Mahuda, I., Sukandar, R. S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Project-Based Learning with LMS Moodle to Promote Mathematical Problem Solving and Self-Regulated Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012135

Lumbantobing, S. S., & Azzahra, F. S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393–400. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable†in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (E. 3 (ed.)). Rineka Cipta.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Riley, S. (2019). What is STEAM Education? The Institute for Arts Integration and STEAM. https://artsintegration.com/what-is-steam-education-in-k-12-schools/

Rismawati, Sarwanto, & Saputro, B. (2019). Project-Based (PjBL) and Guided Inquiry Learning: Students’ Response to Rectilinear and Circular Motion Phenomena. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i2.4422

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 136–144.

Tsupros, N., Kohler, R., & Hallinen, J. (2008). STEM Education in Southwestern Pennsylvania: Report of a Project to Identify the Missing Components. In Carnegie Mellon University and The Intermediate Unit 1 Center for STEM Education. Claude Worthington Benedum Foundation. https://www.cmu.edu/gelfand/documents/stem-survey-report-cmu-iu1.pdf

Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan. UNIPMA Press.

Zainal, A. (2007). Analisis Eksistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri (Vol. 1). PT Raja Grafindo Persada.

Zubaidah, S. (2016). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i2.9339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.