MODEL PjBL BERPENDEKATAN STEM UNTUK LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS IX MTS SAHABAT CENDIKIA KOTA TERNATE
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adawiyyah, S. R. (2014). Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan Pendekatan Saintifik di Kelas IV A SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/16623/
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 331–336. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4755
Amri, M. Y. B., Rusilowati, A., & Wijayanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 80–92. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19262
Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of Integrative Approaches among Science , Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning: A Preliminary Meta-Analysis. Journal of STEM Education, 12(5), 23–38.
Creswell, J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Pustaka Pelajar.
Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017: STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, 1(1), 198–206. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/688
Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). Rekonstruksi Paradigma Pembelajaran IPA (Teori dan Aplikasi di Madrasah) (J. Sahil & M. Yusuf (eds.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Keiler, L. S. (2018). Teachers’ Roles and Identities in Student-Centered Classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6
Kusuma, J. W., Hamidah, Mahuda, I., Sukandar, R. S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Project-Based Learning with LMS Moodle to Promote Mathematical Problem Solving and Self-Regulated Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012135
Lumbantobing, S. S., & Azzahra, F. S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393–400. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable†in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (E. 3 (ed.)). Rineka Cipta.
Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Riley, S. (2019). What is STEAM Education? The Institute for Arts Integration and STEAM. https://artsintegration.com/what-is-steam-education-in-k-12-schools/
Rismawati, Sarwanto, & Saputro, B. (2019). Project-Based (PjBL) and Guided Inquiry Learning: Students’ Response to Rectilinear and Circular Motion Phenomena. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i2.4422
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 136–144.
Tsupros, N., Kohler, R., & Hallinen, J. (2008). STEM Education in Southwestern Pennsylvania: Report of a Project to Identify the Missing Components. In Carnegie Mellon University and The Intermediate Unit 1 Center for STEM Education. Claude Worthington Benedum Foundation. https://www.cmu.edu/gelfand/documents/stem-survey-report-cmu-iu1.pdf
Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan. UNIPMA Press.
Zainal, A. (2007). Analisis Eksistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri (Vol. 1). PT Raja Grafindo Persada.
Zubaidah, S. (2016). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia.
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i2.9339
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.