PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SD DI KOTA TERNATE

Roswita Mubin Aboe, Asrul M Syawal

Abstract


Pengembangan profesi guru dapat dilakukan dengan salah satunya adalah penulisan karya tulis ilmiah. Atas hasil analisis yang dilakukan pada sepuluh perwakilan guru di sekolah dasar di Kota ternate, teridentifikasi beberapa hal yang menjadi faktor kurangnya pengembangan profesi. Penelitian ini membahas tentang pengembangan profesionalisme guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritpif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh dari wawancara, observasi keterlibatan peserta dalam penulisan draft KTI serta kuesioner hasil penilaian peserta terhadap penelitian dan latihan menulis KTI. Hasil wawancara menunjukkan bahwa motivasi, teknik penulisan dan pengumpulan data merupakan hal yang menjadi kendala dalam menulis karya tulis ilmiah. Dari hasil observasi penulisan lima aspek isi karya tulis, semua peserta (100%) menulis latar belakang, rumusan masalah, pengertian, ulasan dan desain dalam metode penelitian. Sedangkan 4 aspek ditulis oleh 9 (90%) peserta yaitu judul, tujuan penelitian, teknik analisis data, deskripsi penelitian. Adapun penggunaan tabel hanya ditulis oleh 8 (80%) responden, 6 atau 60% menulis kesimpulan, dan tidak ada yang menulis saran penelitian. Untuk menilai kebermanfaatan pemberian materi serta latihan penulisan karya tulis yang dilakukan bagi guru-guru diberikan kuesioner dengan 18 indikator. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa terdapat 0.2 % responden yang berasumsi bahwa penulisan KTI kurang bermanfaat, 1.5 % responden merespon bermanfaat, dan 7.8% menjawab sangat bermanfaat. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah untuk mengembangkan profesionalisme guru dibutuhkan sinergi dari institusi sekolah, muyawarah guru mata pelajaran, pelatihan menulis yang terus menerus bagi guru sehingga termotivasi dalam mengembangkan diri untuk menulis.

Keywords


Penulisan KTI; pengembangan profesi guru; penelitian kualitatif

References


Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. 2001. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: 2001.

Haryanto. 2006. Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Harun. 2001. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm. 13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ismaniati, Christina, dkk. 2011. Pelatihan Penulisan KTI bagi Guru-guru Sekolah Dasar SeKecamatan Turi Kabupaten Sleman. LPM, UNY, Yogyakarta.

Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44-45).

Noorjannah, Lilies. 2014. Teacher Professionalism Development Through Writing Scientific Papers for Teachers in Professional SMA Negeri 1 Kauman District Tulungagung. JURNAL HUMANITY. Vol 10 (1) ISSN 0216-8995.

UPI Bandung. 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Bandung.

SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru.

Suryana. 2005. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah), Jurusan AP FIP UNY, 16-20 Mei 2005.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru danDosen. (2005). Jakarta: KloangKlede Putra Timur.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v9i2.2779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG