KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-DIRECTED LEARNING MAHASISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning mahasiswa. Hasil penelitian bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa  pihak dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes dan skala. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis sedangkan skala digunakan untuk mengukur sikap self-directed learning. Instrumen tes diberikan kepada 12 mahasiswa semester 7 pada jurusan matematika satu universitas di NTT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa masih rendah. Mereka masih kesulitan menyatakan ide-ide matematika dalam bentuk grafik, gambar, model matematika maupun menyelesaikan masalah matematika dengan melibatkan ekspresi matematis. Begitu pula dengan sikap self-directed learning. Mahasiswa pada umumnya memiliki self-directed learning yang rendah. Mereka jarang memiliki inisiatif untuk belajar, menentukan tujuan belajar, membuat jadwal belajar, mencari sumber-sumber belajar. Dosen merupakan satu-satunya sumber belajar bagi mereka. Mereka kadang-kadang konsisten dengan jadwal belajar yang telah mereka buat. Untuk itu dalam pembelajaran, dosen diharapkan berupaya menerapkan strategi yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Dosen dan juga mahasiswa diharapkan menciptakan kondisi belajar yang mengembangkan self-directed learning mahasiswa.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v2i2.111
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0