Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Penggunaan Media Benda Nyata Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Murniati Tajuddin

Sari


Matematika merupakan suatu mata pelajaran penting untuk diajarkan pada lembaga pendidikan dasar dan menengah hingga perguruan tinggi. Eksistensinya sebagai salah satu tolok ukur kelulusan dalam ujian nasional, sehingga siswa diwajibkan untuk  menguasai ilmu matematika melalui pembelajaran yang bermakna mencapai tujuannya.    Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media benda nyata dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini menjadikan 32 siswa kelas IX-5 SMP Negeri 2 Kota Ternate sebagai subyek penelitian. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui observasi dan pelaksanaan tes tertulis. Observasi dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang menggunakan media bendanya nyata dalam mengajarkan materi bangun ruang sisi lengkung dan tes tertulis dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran. Data hasil observasi aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif dan data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum pembelajaran hasil belajar matematika siswa dengan rata-rata 10,5 dalam kategori kurang. Setelah penggunaan media benda nyata dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar matematika siswa mencapai rata-rata 53,4 di siklus I dan rata-rata 81 di siklus II; (2) pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di siklus I terdapat 62,5%  siswa mencapai tuntas belajar dan 37,5% siswa belum tuntas belajar; (3)  pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di siklus II terdapat 75%  siswa mencapai tuntas belajar dan 25% siswa belum tuntas belajar. Penggunaan media benda nyata melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX-5 SMP Negeri 2 Kota Ternate dalam mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung.   

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa, Media Benda Nyata, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan Bangun Ruang Sisi Lengkung. 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v8i1.1382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor