MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS 1 MI
Sari
Metode permainan yang dikembangkan oleh J.P Dienes merupakan landasan teori dalam pengembangan pembelajaran matematika dalam penelitian ini. Proses pembelajaran dilaksanakan di kelas 1 madrasah ibtidaiyah di wilayah Bekasi. Materi yang dibahas adalah konsep bilangan, sebagaimana ketentuan dalam kurikulum pembelajaran matematika bahwa untuk kelas 1 kompetensi dasarnya adalah Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Ada enam tahap permainan yang digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya materi berhitung yaitu Bermain Bebas dengan menggunakan teknik bermain Ku Ku Ku, Permainan dengan menggunakan kalung bilangan, Penelaahan Sifat Bersama dengan menggunakan papan saku, Representasi menggunakan LKS, Penyimbolan dan Pemformalan dilaksanakan dengan cara diskusi bersama antara siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode permainan dapat meningkatan kemampuan berhitung siswa dan aktivitas belajar matematika siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anitah, W. S., dkk., (2007) Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Desmita, (2010) Psikologi Perkembangan Peserta Didik, cetakan ke 2. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dwirahayu, G., & Diwidian, F., (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah 2 Rengas Ciputat Tangerang Selatan Melalui Kegiatan Partisipatory. Jurnal Pendidikan Matematika: PARADIKMA. Medan: Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Heruman, (2014) Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir, & Wulandari., E. (2011) Proceeding International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education: The implementation of Multiple Intelligences Based Learning to Improve students Learning activities, response, and learning outrcomes in mathematics. Yogyakarta: Dept of Mathematics Education Yogyakarta University.
Kennis, J.; Mullen, R.; Tatu, J., (2010) The Math Games. Tersedia pada http://www. fredonia.edu/department/math/Methods%202010/AMTNYS/Best%20Math%20Games%20Ever/JennaJessBecky%20lesson.pdf
Maulana, (2012) Berteka-teki, Bermain dan Bersenang-senang dalam Matematika. Jurnal ALGORITMA volume 7 no. 2 Desember 2012. Jakarta: CeMED UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Morrison, G.S., (2012) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Indeks.
Moursund, D., (2016) Learning Problem Solving Strategies By Using Games: A Guide for Educators and Parents. Eugene, Oregon, USA: Information Age Educations.
NCTM, (1989) Curriculum and evaluate standards for shool mathematics. United States of America: National Council of teachers of mathematics.
Ramadianti, W., (2011) Proceeding International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education: Improving students’s Motivation to Learning Math by Cooperative Learning Technique Make a Match. Yogyakarta: Dept of Mathematics Education Yogyakarta University.
Ruseffendi, H.E.T., (2006) Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito.
Slameto, A., (2013) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Somakim, (2008) Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.
Suyono dan Hariyanto, (2011) Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah, M., (2010) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiersum, E., G., (2012). Teaching and Learning Mathematics Through Games and Activities. Journal Acta Electrotechnica et Informatica, Vol. 12, No. 3, 2012, p. 23–26. Tersedia pada http://www.aei.tuke.sk/papers/2012/3/04_Gy%C3%B6ngy%C3%B6si.pdf
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v5i2.177
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0