Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel
Sari
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa pada materi persamaan linear satu variabel setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning); 2) mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning); 3) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa pada materi persamaan linear satu variabel setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Penelitian ini merupakan penelitian  eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk essay yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu kriteria kemampuan berpikir reflektif siswa dan perhitungan uji gain ternormalisasi (N-Gain), sedangkan statistik inferensial menggunakan wilcoxon matched pairs test. Hasil analisis data menunjukkan: 1) kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan linear satu variabel secara keseluruhan diperoleh kategori tinggi dengan presentase 40,7%, kategori sedang dengan presentase 48,2%, dan kategori rendah dengan presentase 11,1%; 2) peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan linear satu variabel dengan penerapan model problem based learning diinterpretasikan sedang; 3) penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi persamaan linear satu variabel.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif, Persamaan Linear Satu Variabel
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Darmawan, D. dan Wahyudin, D. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, vol (66), 64-74.
Kartika, E.Y. 2017. Analisisi Berpikir Reflektif Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Asam Basa. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Masamah, U. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, vol (1), 1-18.
Nindiasari, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Prihatini, H. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Purwasi, L.A. 2017. Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (Jucama). Prosiding Conference on Mathematics, Science, and Education, Bengkulu, 266-273.
Shinta Hartini Dewi, et.al. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. JURNAL EDUKASI 2015, II(3):25-30
Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2265
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.