Kemampuan Berpikir 4C Matematika dalam Pembelajaran di Masa Covid-19 Terutama Di Era New Normal
Sari
Pada masa pandemi covid-19 ini, kita dipaksa untuk melakukan pembelajaran secara daring. Kesiapan dalam pembelajaran daring tentunya masih banyak masalah, hal ini dikarenakan ada langkan antisipasi sebelumnya. Meningkatkan berpikir 4c sangat penting dalam pembelajaran di kelas, demikian juga berpikir 4c juga dapat meningkatkan proses belajar dengan baik.Diantara permasalahan tersebut yaitu (1) pada pembelajar belum ada kesiapan yang baik dalam menghadapi Covid-19; (2) Kendala jaringan internet di daerah tertentu (3) fasilitas laptop, hp, dll belum bisa dimanfaatkan dengan baik; (4) semua orang tua dipaksa untuk menjadi guru di rumah; (5) pesan-pesan baik tidak tersampaikan. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan yaitu (1) Memberikan kebebasan kepada siswa/mahasiswa yang luas untuk mengeksplorasi dalam memecahkan masalah; (2)Memberikan Kesempatan Siswa/mahasiswa mengemukakan pendapat dalam berdiskusi dengan kawan sebaya; (3) Mengontruksi dan mengartikulasikan Pengetahuannya lewat belajar mandiri; (4) Orientasikan siswa pada masalah, membangun penyelidikan individu dan kelompok, menganalisis dan mengevaluasi hasil karya.
Kata Kunci: Berpikir 4c, matematika, Covid-19, New normal (kebiasaan baru).
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2295
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0