Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika berbasis pendekatan kontekstual siswa kelas IV sekolah dasar wilayah II marioriwawo kabupaten soppeng
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustan, S. (2016). Usage of Contextual Approach to Increase Student’s Understanding in Learning Mathematics. IOSR Journal of Mathematics, 12(6), 118-122.
Agustan, S., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Profile of Male-Field Dependent (FD) Prospective Teacher's Reflective Thinking in Solving Ccontextual Mathematical Problem. AIPC, 1867(1), 020034.
Ali, S. & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur, Cetakan ke-10. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali, P. M., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Indriati, N. U. D. (2016). Instrumen Tes Kecerdasan Logika-Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 171-184.
Kharie, E. S., La Nani, K, & Tonra, W. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Instruction pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 13-23
Kusaeri, K., & Suprananto, S. (2012). Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Ma’rufi, Ilyas, M., Salwah, & Syamsuddin, A. (2020). ADD-CoRE Model Development: Mathematics Teachers Mentoring Based on Pedagogical Content Knowledge and Lesson Study. Universal Journal of Educational Research (UJER). 8(10), 4580–4590. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081026
Mansyur, H. R. (2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendikia.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Naga, D. S. (2012). Teori Sekor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT Nagarani Citrayasa.
Situmorang, A. S. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengajaran Matematika di SD dengan Menggunakan LKS Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 76-82.
Syamsurizal, S. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur. https://doi.org/10.31219/osf.io/v83eh
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25.
Sumarno, A. (2012). Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: elearning UNESA.
Supardi, U. S. (2015). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 248-262.
Surapranata, S. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes Untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Syamsuddin, A. (2019). The Impact of Implementing Of INSTAD Model toward Student’s Mathematics Learning Outcome for 5th Grade Elementary School Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012021). IOP Publishing.
Syamsuddin, A. (2020). Describing Taxonomy of Reflective Thinking For Field Dependent-Prospective Mathematics Teacher in Solving Mathematics Problem. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 4418-4421.
Syamsuddin, A., Jannah, M., & Kristiawati, K. (2019). Penerapan Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi pada Siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 136-154.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: pustaka pelajar.
Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wiryokusumo, I., & Mulyadi, U. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2559
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.