Analisis Disparitas Skor Tampak dan Estimasi Skor Murni dengan Pengkategorian Acuan Normatif pada Tes Hasil Belajar Siswa

Eviana Hikamudin, Yahya Hairun

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disparitas skor tampak dan skor murni dengan menggunakan pengkategorian berdasarkan acuan normatif pada Tes Hasil Belajar Siswa. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada skor hasil ujian nasional SMP mata pelajaran matematika tahun 2016/2017. Responden yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 250 orang dan banyaknya butir soal yang dianalisis sebanyak 40 butir. Responden yang terpilih dikelompokkan menjadi 5 grup yang masing-masing berjumlah 50 repsonden dengan jumlah butir yang sama sebanyak 40 butir. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan teori klasik. Pengolahan data yang dilakukan adalah dengan melakukan estimasi terhadap skor murni (T) dengan menggunakan persamaan regeresi. Pengkategorian skor dilakukan berdasarkan acuan normatif dengan memperhitungkan standar eror pengukuran (SEM) untuk meningkatkan kecermatan. Kategori skor yang dihasilkan adalah sebanyak tiga kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat disparitas skor tampak (X) dan skor murni (T) setelah dilakukan estimasi terhadap skor murni (T) berdasarkan pengkategorian secara normatif pada masing-masing kelompok. Disparitas skor tampak (X) dan skor murni (T) paling tinggi terdapat pada grup yang memiliki koefisien reliabilitas tesnya paling rendah, sedangkan pada grup yang koefisien reliabilitasnya paling tinggi, disparitas skor tampak (X) dan skor murni (T) paling rendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas tes dan tingkat disparitas pengkategorian berdasarkan acuan normative menentukan kualitas alat tes.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, Nonoh Siti. 2013. Teori Pengukuran Dalam Pendidikan. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF),Vol (3) No 2, 33-39.

Azwar, Saifuddin. 2015. Dasar-dasar Psikometrika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crocker, Linda & James Aigina. 2008. Introduction to Classical and Modern Test Theory. Ohio: Cengange Learning.

Kadir, Abdul. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, Vol (8) No.2, 70-81.

Mardapi, Djemari. 2000. Pengujian Hipotesis Nihil: Uji Signifikansi dan Interval Kepercayaan. Yogyakarta: Buletin Psikologi.

McDonald, Roderick P. 1999. Test Theory: A Unfied Treatment. New Jersey: Lawrence Eribaum Associates.

Naga, Dali Santun. 2013. Teori Sekor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT Nagarani Citrayasa.

________________1992. Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Nitko, Anthony J. 1983. Educational Test and Measurment An Introduction. New York: Harcout Brace Jovanovich.

Nurjanah & Noni Marlianingsih. 2015. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dari Aspek Kebahasaan. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol (II) No. 1, 69-78.

Pallant, Julie. 2016. SPSS Survival Manual. Sydney-Melbourne-Auckland-London: Allen & Unwin.

Safari. 2020. Statistika untuk Penelitian Bahasa, Bimbingan Konseling, Psikologi, Hukum, Agama, Teknik, Ekonomi, Keperawatan, Kedokteran, Paud, dan Pendidikan. Jakarta: Universitas Islam As-Syafi’iyah.

Sarea, Muh.Syahrul dan Rosnia Ruslan. 2019. Karakteristik Butir Soal: Classical Test Theory Vs Item Response Theory. Didaktika Jurnal Kependidikan, Vol (13) No 1, 1-16

Sumintono, Bambang & Wahyu Whidiarso. 2015. Aplikasi Pemodelan Rasch: pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Suparman, M.A. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Widayati, Catharina Sri Wahyu. 2009. Komparasi Beberapa Metode Estimasi Kesalahan Pengukuran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12 (2), 182 - 197.

http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/Eror%20Pengukuran.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung