Pola Barisan Aritmatika pada Ketukan Irama Gending Lancaran dalam Kesenian Alat Musik Gamelan Tembung Dolanan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi pola barisan bilangan aritmatika pada ketukan irama gending lancaran dalam kesenian alat musik gamelan Tembung Dolanan studi kasus pada Gending Gugur Gunung. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang disajikan dalam penelitian merupakan hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Gending Lancaran yang dimainkan dengan alat musik gamelan memiliki suatu konsep matematika yaitu pola barisan aritmetika yang terdapat di setiap ketukan pada Tembung Dolanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ketukan nada yang dipukul dengan alat musik Kethuk, Kempul, Kenong, dan Bonang Babok memuat pola barisan aritmatika. Bentuk umum pola barisan aritmatika dalam ketukan atau pukulan dari alat musik Kethuk yaitu mn= 2n - 1. Bentuk umum pola barisan aritmatika dalam ketukan atau pukulan alat musik Kempul yaitu mn = 4n + 2. Bentuk umum pola barisan aritmatika dalam ketukan atau pukulan dari alat musik Kenong yaitu mn = 4n. Bentuk umum pola barisan aritmatika dalam ketukan atau pukulan dari alat musik Bonang Babok yaitu mn= 4n.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dewi, A. F. K., Kinanti, M., & Sulistyorini, P. (2020). Pola Barisan Aritmetika pada Pukulan Ketukan Dalam Gending Ketawang di Gamelan Yogyakarta. In Susanto;, E. ; Kustriyono, D. A. ; Fajar, & A. C. Dewanto (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 7–14). http://repository.usd.ac.id/36938/1/5884_Sandika_Days_Bella_Haniek.pdf
Hastanto, S. (2006). Konsep Pathet Dalam Karawitan Jawa. ISI Press Surakarta.
Hastuti, K., & Syarifzh, A. M. (2016). Identifikasi Fitur Melodi Dalam Musik Gamelan Berdasarkan Hubungan Asosiasi Antar-Notasi. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 47–54.
Iswantoro, G. (2018). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Ssebagai Kekayaan Bubaya Bangsa Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 129–143. https://jstp.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/134
Karahinan, W. (1991). Gendhing-Gendhing Mataraman Gaya Yogyakarta dan Cara Menabuh Jilid I. KHP Krida Mardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Kemendikbud. (2015). Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nuryadi, N., & Kholifa, I. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi gamelan Jawa karawitan dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM). Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 140–148. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6810
Osada, S. S. (2018). Etnomatematika dalam Titi Laras dan Irama pada Karawitan Jawa. In S. A. ; Widodo, M. ; Irfan, & Esti Harini (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 475–481). UST PRESS.
Poerwadarminta, W. J. S. ., Hardjasoedarma, C. S., & Poedjasoedira, J. C. (1939). Baoesastra Djawa. JB Wolters’ Uitgevers-Maatschappij NV Groningen.
Sa’adah, M. (2019). Deteksi Instrumen Identik Menggunakan Least Mean Square. Istitut Teknologi Sepuluh Nopember.
Soedarsono, R. M. (1992). Pengantar Apresiasi Seni (1st ed.). Balai Pustaka.
Supriyono, S., Purwaningsih, W. I., & Saputra, A. F. (2021). Etnomatematika Pada Alat Musik Gamelan Jawa. Math Educa Journal, 5(2), 135–142
Syarif, A. M., & Hastuti, K. (2015). Identifikasi Fitur Melodi Gending Lancaran Berdasarkan Pengenalan Pola Notasi. Jurnal Teknologi Informasi, 14(3), 234–241. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/950/718
Zhoga, E F E. (2019). Gamelan Jawa: Sebuah Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. In A. M. Santoso & A. Lestariningrum (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran (pp. 675–688). http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/79
Zhoga, Elgie Firdyan Eka, Fiantika, F. R., & Jatmiko. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. 06(01), 16–38
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4161
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.