Proses rekontruksi koneksi matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan kemampuan matematis

Hery Suharna, In Hi Abdullah

Sari


Koneksi matematis terjadi oleh karena matematika tidak terpartisi dalam berbagai topik yang saling terpisah, namun matematika merupakan satu kesatuan. Selain itu matematika juga tidak bisa dipisahkan dari ilmu selain matematika dan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan. Mahasiswa yang menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar dalam mengoneksikan matematika. Dalam sebuah penelitian dihasilkan bahwa siswa sering mampu mendaftar konsep-konsep matematika yang terkait dengan masalah riil, tetapi hanya sedikit siswa yang mampu menjelaskan mengapa konsep tersebut digunakan dalam masalah itu. Berdasarkan uraian di atas, maka dalam penelitian ini mengangkat masalah proses rekontruksi koneksi matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan kemampuan matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa matematika Program Studi Pendidikan Matematika Unkhair semester 2 tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah eksploratif kualitatif yang bertujuan proses metakognisi dalam pemecahan masalah matematis mahasiswa. Analisis data penelitian yaitu: (1) Reduksi data, (2) Paparan data, (3) triangulasi data dan (4) penarikan kesimpulan. Tahapan metode penelitian yakni (1) Persiapan, (2) pengumpulan data, (3) analisis data, dan (4) kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian ditemukan: (1) proses rekontruksi koneksi matematis mahasiswa berkemampuan tinggi di awali dengan terjadi disekuilibrasi, selanjutnya melakukan koneksi matematis secara kreatif dengan melakukan koneksi antar konsep dan menghubungkan matematika dengan ilmu lain; (2) proses rekontruksi koneksi matematis mahasiswa berkemampuan sedang di awali dengan terjadi disekuilibrasi, selanjutnya melakukan koneksi matematis secara dalam konsep matematika; dan (3) proses rekontruksi koneksi matematis mahasiswa berkemampuan rendah di awali dengan terjadi disekuilibrasi, selanjutnya melakukan koneksi matematis secara sederhana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Romli, Muhammad. (2021). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2. P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.

Anis Fitriatun Ni'mah, Susi Setiawani, Ervin Oktavianingtyas. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi 2017, IV(1): 30-33.

Dinda Nurul Adni, Puji Nurfauziah, Euis Eti Rohaeti. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1, No. 5, September 2018. ISSN 2614-2155 (online).

Nadia, Nurudini, Susiswo, Sisworo. (2019). Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Tidak Lengkap dalam Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 4 Nomor:10 Bulan Oktober Tahun 2019. Halaman: 1323-1332.

Renstra Universitas Khairun (2018-2022). Rencana Strategi (renstra) Universitas Khairun tahun 2018-2022. Universitas Khairun. Maluku Utara.

Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan Disposisi matemati: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik [Online] Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wpcontent/ uploads/2010/02/BERPIKIRDAN-DISPOSISI-MATEMATIKSPS. pdf [Diunduh 20 Februari 2012]

Creswell, J. W. (2010). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suharna, Hery. (2018). Teori berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Deepublissh. Yogyakart




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi