Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model project based learning

Muhammad Rizal Usman, St Nurhumairah Halim, Nur Shafirah Faqih

Sari


Jenis penelitian ini pra eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design yang melibatkan kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning pada siswa kelas VIII MTs An-Nashar Timor-Timur Makassar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan total 25 orang Teknik Pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data penelitian ini adalah dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning pada siswa kelas VIII MTs An-Nashar Timor-Timur Makassar efektif diterapkan dengan uraian sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Project Based Learning berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata gain ternomalisasi adalah 0,794, (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika melalui penerapan model project based learning berada pada kategori aktif dengan rata-rata siswa aktif sebanyak 82,60%, dan (3) Respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning mencapai 83,80 % yaitu positif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chasanah, Y., Rohman, & F., Zubaidah, S. Efektivitas Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Project Based Learning dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol 4 No 4, Hal 531 – 536.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatid. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapsari, D. I., Airlanda, & G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol 5 No 2, Hal 154 – 161.

Lestari, K. E. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lukman, D. L. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas Xi Ipa Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk) Vol. 4 No.1, Hal 113-119.

Muliadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol 20 No 4, Hal 1 -11.

Prihantoro, O. Y. (2018). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pembelajaran Perekayasaan Sistem Audio Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Relia, L. (2012). Keterkaitan Antara Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Produktif (Kip). Prisma (Prosiding Seminar Nasional Matematika), Hal 97-103.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwartini, Sri. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 4 No 1, Hal 220 – 234.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5082

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot