Analisis kemampuan berpikir divergen menggunakan problem based learning berbantuan snake & ladder games ditinjau dari math anxiety
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir divergen menggunakan problem based learning berbantuan snake & ladder games ditinjau dari math anxiety. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain penelitian berupa concurrent embedded. Analisis kuantitatif digunakan untuk menguji apakah model PBL berbantuan snake & ladder games mencapai ketuntasan belajar dan analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir divergen ditinjau dari math anxiety dengan memilih 6 subjek menggunakan purposive sampling, yakni masing-masing 2 subjek pada tingkat math anxiety tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan snake & ladder games mampu memberikan ketuntasan belajar, namun dengan meninjau math anxiety, secara umum siswa dengan dengan math anxiety tinggi dapat memenuhi indikator fluency dan originality. Indikator flexibility dan elaboration belum terpenuhi dengan baik. Siswa dengan math anxiety sedang dapat memenuhi indikator fluency, originality dan elaboration, dan siswa dengan math anxiety rendah memenuhi semua indikator meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Siswa dengan ketiga tingkat math anxiety memenuhi aspek fluency dan originality dalam kemampuan berpikir divergen dengan baik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amir, Taufiq. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Kencana: Jakarta
Fortinash, K.M., & Holoday-Worret, (2000). Psychiatric Mental Health Nursing. St. Louis : Mosby Year Book
Guilford, J.P. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Mahmood, Sadia dan Tahira Khatoon. 2012. Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Seconday School Student. British Journal of Arts and Social Sciences. Vol. 2(2) : 169 - 179.
Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, M. B. (2020). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah …, 3(1), 10–17. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/4526
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Milovanović, I. (2020). Math anxiety, math achievement and math motivation in high school students: Gender effects. Croatian Journal of Education, 22(1), 175–206. https://doi.org/10.15516/cje.v22i1.3372
Mohd, C. K. N. C. K., Shahbodin, F., Sedek, M., & Samsudin, M. (2020). Game based learning for autism in learning mathematics. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4684–4691.
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
Nurmala, Eka. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pantaleon, K. V, Payong, M. R., Nendi, F., Jehadus, E., Kurnila, V. S., Pantaleon, K. V., Payong, M. R., Nendi, F., Jehadus, E., & Kurnila, V. S. (2020). MATHEMATICS ANXIETY MANEUVER IN THE PROCESS OF CREATIVE THINKING : Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Manuver Kecemasan Matematika dalam Proses Berpikir Kreatif .... © by Author ( s ). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/918
Pujianto, E., Doktor, U., & Magetan, N. (2020). Analisis deskripsi pembelajaran matematika melalui permainan ular tangga. Jurnal EDUSCOTECH, 1(2), 1–10.
Pujiastuti, E., Suyitno, A., & Sugiman. (2020). Using of divergent problems based on teacher scaffolding levels to grow of advanced mathematical thinking of senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022093
Royani, M. (2016). Problem Based Learning : Solusi Pembelajaran Matematika Yang Pasif. Math Didactic, 2(2), 127–131.
Saputro, B., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Belajar Matematika Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusa, 3(2), 621–631.
Sugiatno, Priyanto, D., & Riyanti, S. (2017). Tingkat Dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 217–220.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Yumarlin, M. (2013). Pengembangan permainan ular tangga untuk kuis mata pelajaran sains sekolah dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75–84. https://www.researchgate.net/profile/yumarlin-mz/publication/319416534_pengembangan_permainan_ular_tangga_untuk_kuis_mata_pelajaran_sains_sekolah_dasar/links/59a902280f7e9b27900b3bae/pengembangan-permainan-ular-tangga-untuk-kuis-mata-pelajaran-sains-sekol
Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 27–30. https://doi.org/10.12973/ejmste/75303
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5114
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.