Upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII melalui penerapan metode contextual teaching and learning pada pembelajaran matematika

Johanes Pardamean Saragih Simarmata, Robert Harry Soesanto

Sari


Motivasi belajar berperan signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sebab motivasi belajar merupakan tenaga yang berperan sebagai pendorong, pengarah, dan penggerak untuk mencapai tujuan pembelajaran. Nyatanya, motivasi belajar siswa masih menjadi masalah dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XII di sebuah sekolah di kawasan Lampung, ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa. Hasil observasi menunjukkan rendahnya konsetrasi belajar, yang ditandai dengan hanya 61,4% siswa yang memiliki konsentrasi belajar yang baik. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui pemilihan metode yang tepat. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan memaparkan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII melalui penerapan metode CTL pada pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan lembar penilaian afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada penerapan pertama terjadi peningkatan sebesar 6,9% menjadi 60,2%. Selanjutnya pada penerapan kedua terjadi peningkatan sebanyak 11,9 % menjadi 72,1%. Lalu pada penerapan ketiga terjadi peningkatan sebanyak 19,13% menjadi 91,23%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aimang, H. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Learning Community. 477–484. https://doi.org/10.31219/osf.io/pvy7e

Al-Muwattho, Fariz Pangestu, Aminuyati, O. (2018). Pengaruh pemberian apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran akuntansi kelas xi sma islamiyah pontianak. Al-Muwattho: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id

Aprilia, D., Suranata, K., & Ketut Darsana. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 2–3. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/245200-penerapan-konseling-kognitif-dengan-tekn-7d41aa3f.pdf

Ardhianti, M. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) BAHASA INDONESIA MAHASISWA ADI BUANA SURABAYA. 9(6), 2–13.

Astriyani, Triyono, & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada media Group.

Darjat, Z., & dkk. (2004). No T. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, S., & Amirulla. (2021). METODE PENELITIAN BISNIS Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: MNC Publishing. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_BISNIS/tHNMEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/F5xjDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fungsi++motivasi+belajar+ada+tiga+yakni,+mendorong+manusia+untuk+berbuat,+menentukan++arah+perbuatan+dan+menyeleksi+perbuatan.+B&pg=PA21&printsec=frontcover

Karimatus Saidah, Nurita Primasatya, Bagus Amirul Mukmin, & Susi Damayanti. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak Di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16065

Kurniati, I., & Amri, F. (2020). Business and Accounting Education Journal. 1(2), 186–196. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej

Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/download/1047/883/

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Moelang, L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Muchtar, M. I. (2019). Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Muhammadiyah University of Makassar. Retrieved from https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-contextual-teaching-and-learning-ctl-dalam-pembelajaran-di-masa-pandemi

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Natalia, M., & Tangkin, W. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II SD. Jurnal Educatio, 8(3), 1017–1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2676

Nugraha. (2008). Pintar Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Elex Media Komputindo.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Panjaitan, D. J. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA. 1(1), 1–10.

Prasetyo, A. A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52. Retrieved from http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191

Sari, S. F., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Jurnal, 5(6), 1–12. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14738

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rhineka Cipta.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita, Y. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: MNC Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TApZEAAAQBAJ&dq=metode+penelitian+tindakan+kelas+adalah&lr=&source=gbs_navlinks_s

Tambalo, dkk. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 44–63. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/118470-ID-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-kela.pdf

Wijayani, I., Haenilah, E. Y., & Sugiman. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi, 6(6), 3–7.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.5219

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi