Penerapan metode VAKT (visual, auditori, kinestetik, taktil) untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita sedang
Sari
Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan dalam kecerdasan, yang berdampak pada rendahnya kemampuan terutama dalam bidang akademik seperti mengenal angka. Anak yang mempunyai hambatan mengenal angka akan berpengaruh terhadap kemampuan dasar matematika. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti akan menerapkan metode VAKT (visual, auditori, kinestetik, taktil) untuk mengatasi hambatan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode VAKT terhadap kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan di salah satu sekolah inklusif di Kota Ternate. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metodologi pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan single subject research terhadap seorang anak tunagrahita ringan yang sedang duduk di bangku sekolah PAUD. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan.
Â
Kata Kunci : Metode VAKT, Kemampuan Mengenal Angka, Tunagrahita
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ade, A., Nawa, L. F., Rajak, R., Ilham, P. A., & Tonra, W. S. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Disleksia Di SDN 44 Kota Ternate. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 5(1), 62-69.
Andim, F., Aziz, A. S., & Munib, A. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 9(2), 219-231.
Bungin, B. 2021. Metode Penelitian Social. Jawa Timur : Airlangga Universitas Press.
Cakiroglu, O. (2012). Single subject research: Applications to special education. British Journal of Special Education, 39(1), 21-29.
Esterina, N., Mutiara, I. T., & Lee, C. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Angka 1-3 Melalui Metode Stimulasi Multisensoris dan Reinforcement Pada Anak Tuna Grahita Sedang. Psibernetika, 13(2).
Faradila, A. (2018). Penerapan Metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestetik Dan Taktil) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Jayanti, N. T., & Pratisti, W. D. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE VAKT (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK, DAN TAKTIL). Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 34-39
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93-100.
Meria, A. (2015). Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLBYPPLB Padang Sumatra Barat. TSAQAFAH, 11(2), 355-380.
Moeleong, L. J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya.
Puput, P., & Tjutju, S. (2018). Metode VAKT untuk pembelajaran membaca permulaan anak tunagrahita ringan. JASSI ANAKKU, 19(1), 25-31.
Putra, A. P. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Adhd Melalui Literasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 354–370.
Putri, E. S., Suryani, K., & Daeli, N. E. (2021). Konsep Diri dan Resiliensi Orangtua yang Memiliki Anak Tunagrahita. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 6(1), 65-69.
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2021, June). Penerapan Media Bermain Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada Anak Ditingkat Di Tk/Paud Adetia Tembung. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 4, No. 1, pp. 64-70).
Rizal, R. J., Fatmawati, F., & Martias, Z. (2013). Mengatasi Substitusi Menulis Permulaan melalui Metode VAKT bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SDLB Negeri 20 kota Pariaman (Single Subject Research Kelas IV di SDLB Negeri 20 kota Pariaman). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).
Safitri, A., Rajiman, H., Dingomaba, L., Husain, R. R., & Tonra, W. S. (2022). PENERAPAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI 49 KOTA TERNATE. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 39-48.
Sandjaja, M. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 11-18.
Sugiharto, H. (2015). METODE VAKT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KESULITAN BELAJAR DI SDN. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(4).
Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Vakt Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13-20.
Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020)., Faradila, A. (2018). Jayanti, N. T., & Pratisti, W. D. (2023).
Tonra, W. S., Abdullah, I. H., Achmad, F., Tonra, W. S., Ikhsan, M., & Umaternate, F. (2022). Pengembangan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui media pohon angka pada jenjang PAUD. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 256-269
Wally, N., Umasangaji, N. A., Magfira, N., & Tonra, W. S. (2023). Penanganan Anak Tunalaras Ringan Melalui Metode Ejaan Dan Tracing The Dots. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 5(1), 55-61.
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78-89.
Zulkifli, Z., Fatmawati, F., & Tarmansyah, T. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1 SAMPAI 10 MELALUI METODE VAKT BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.5722
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.