Penggunaan video pembelajaran dalam membantu pemahaman Konsep matematika siswa selama pembelajaran daring
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa smp negeri 4 Sipirok kelas vii melalui pendekatan matematika realistik (pmr). Jurnal Eksakta, 1, 1–7.
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12. doi: 10.22342/JPM.12.2.4152.1-12
Azis, E., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Rianti, M., Hasanuddin, & Nur, A. S. A. (2020). ROAR: olusi peningkatan pemahaman konsep pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik sma negeri 1 Bajo kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan 2(2), 90–97.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika sd/mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. doi: 10.31602/muallimuna.v2i1.741
Brummelen, H. Van. (2008). Batu loncatan kurikulum. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press.
Brummelen, H. Van. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel ipa di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Desrianti, D. I., Rahardja, U., & Mulyani, R. (2012). Audio Visual As One of the Teaching Resources on Ilearning. CCIT Journal, 5(2), 124–144. doi: 10.33050/ccit.v5i2.145
Ferdianto, F. (2015). Media audio visual pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX. Jurnal Euclid, 2(2), 306–314.
Handono. (2016). Korelasi respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual dengan prestasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 65–71.
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. doi: 10.30651/must.v2i1.403
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Limbong, T., Napitupulu, E., & Sriadhi. (2020). Multimedia: editing video dengan corel
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi belajar-mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Malfiany, R. (2018). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audiovisual dalam upaya peningkatan motivasi belajar dan adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika. Media Informatika, 17(1), 38–47.
Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41.
Nai, F. A. (2017). Teori belajar dan pembelajaran implementasinya dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: Deepublish.
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. 2(1), 32–39.
Rafika. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman konsep gaya dengan menggunakan metode eksperimen siswa kelas iv SDN 1 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(2), 10–25.
Safitri, I. (2017). Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dikelas x sma Muhammadiyah-10 Rantauprapat tahun pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 3(1), 14–23.
Seruni, & Hikmah, N. (2014). Pemberian umpan balik dalam meningkatkan hasil. Jurnal Formatif, 4(3), 227–236.
Silviani, I. (2020). Komunikasi organisasi. Surabaya: Scopindo.
Simanjuntak, R. (2018). Pentingnya identitas dan integritas seorang guru. Jurnal Teologi Sanctum Domine, 6(2), 45–58.
Sumarno. (2016). Pengaruh balikan (feedback) guru dalam pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik (suatu kajian teoritis dan empirik). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–125. doi: 10.17977/um019v1i22016p115
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (spldv). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. doi: 10.24014/sjme.v3i2.3897
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid 2. Sukabumi: CV Jejak.
Sutapa, M. (2006). Membangun komunikasi efektif di sekolah. Manajemen Pendidikan, (02), 69–76.
Sutopo, E., Hasojo, A., Purbayatri, S., Huroirohamtin, S., Wijayanti, E., Susan, A., … Siswati, P. (2020). Selaksa rasa kbm online. Banyumas: Omera Pustaka.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 02, 45–57.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Fidei, 1(2), 219–231.
Wicaksono, A. (2020, September 13). Update Corona 13 September: 218.382 positif, 155.010 sembuh. CNN Indonesia. Diambil dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200913121953-20-545850/update-corona-13-september-218382-positif-155010-sembuh
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18–27.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.6414
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0