Pengembangan media evaluasi berbasis web dengan moodle dan mathjax
Sari
Media evaluasi berbasis web dengan moodle dan mathjax merupakan teknologi digital yang dapat mensupport evaluasi pembelajaran matematika. Media evaluasi di Moodle selain dapat dibuat secara online dapat pula dibuat dengan menggunakan software MathJax yang merupakan mesin tampilan JavaScript sumber terbuka untuk LaTeX, MathML, dan notasi AsciiMath yang bekerja di semua browser modern. Tahapan penelitian pengembangan ini modifikasi dari penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langakah dalam penelitian ini disusun sebagai berikut: (1) Memilih software Open source, (2) Menentukan kriteria Media, (3) Mencari literature (studi data), (4) Mendesain (Melakukan pengembangan), (5) Menguji media pembelajaran, (6) Merevisi dan mengadakan penyempurnaan, (7) Membuat kesimpulan, (8) Hasil pengembangan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli menyatakan bahwa media evaluasi berbasis web dalam memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa yang baik, desain yang menarik dan tampilan website yang dinamis, layout website yang responsive dan kemudahan pada pengaksesan menggunakan HP maupun Laptop, kejelasan petunjuk belajar dan rumusan tujuan/kompetensi, kemudahan pengoperasian dalam ujian online, bahasa yang digunakan jelas dan sesuai, ketersediaan contoh dan ilustrasi untuk pemahaman materi. Dari hasil uji realiabilitas soal tes, diperoleh koefisien reliabilitas 0,89 dengan r table 0,468. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua soal tersebut reliabel.
Kata kunci Media Evaluasi, Website, Moodle, MathJax
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abar, C. A. A. P., & Barbosa, L. M. (2011). Computer Algebra, Virtual Learning Environment And Meaningfull Learning: Is It Possible? Acta Didactica Napocensia, 4(1), 1–12.
Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., & Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMAN Kota Singaraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(9), 136–157.
Barna, B., & Fodor, S. (2019). Complex gamification platform based on moodle system. 16th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age, CELDA 2019, Celda, 409–412. https://doi.org/10.33965/celda2019_201911c052
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research An Introduction (Fourth Edi). New York & London: Longman
Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362
Cervone, D., Stark, C., Miner, R., & Topping, P. (2017). MathJax Documentation Release 2.5. www.mathjax.org
Dahal, N., & Pangeni, S. K. (2019). Workshopping in Online Courses: Insights for Learning and Assessment in Higher Education. International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education, 4(1), 89–110. http://survey.hshsl.umaryland.edu/?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1239336&site=ehost-live
Fomina, T. P., Vorobjev, G. A., & Kalitvin, V. A. (2016). Distance learning approaches in the mathematical training of pedagogical institutes’s students. International Journal of Environmental and Science Education, 11(18), 12145–12154.
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodel Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasi, 12(2), 167–183.
Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada matakuliah metode numerik. Jurnal Infomatika UPGRIS, 1, 42–48. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/808
Huang, L., Huang, F., Oon, P. T., & Mak, M. C. K. (2019). Constructs evaluation of student attitudes towards science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/109168
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599
Khoza, S. B. (2020). Students’ Habits Appear Captured by WhatsApp. International Journal of Higher Education, 9(6), 307. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p307
Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13.
Mahmud, Z., & Porter, A. (2015). Using rasch analysis to explore what students learn about probability concepts. Journal on Mathematics Education, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1937.1-10
Mlotshwa, N., Tunjera, N., & Chigona, A. (2020). Integration of moodle into the classroom for better conceptual understanding of functions in mathematics. South African Journal of Education, 40(3), 1–14. https://doi.org/10.15700/saje.v40n3a1570
Nagy, J. T. (2018). Evaluation of online video usage and learning satisfaction: An extension of the technology acceptance model. International Review of Research inOpen and Distance Learning, 19(1), 160–185. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i1.2886
Naidoo, J. (2020). Postgraduate mathematics education students’ experiences of using digital platforms for learning within the COVID-19 pandemic era. Pythagoras, 41(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/PYTHAGORAS.V41I1.568
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032
Suendri, S., & Novita, N. (2018). Implementasi Plugin Mathjax Untuk Menampilkan Equation Interaktif Pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Cms Wordpress. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1763
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4428
Tirta, I. M. (2014). Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 2000 (November), 223–232.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.6533
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0