Pengembangan media evaluasi berbasis web dengan moodle dan mathjax

Christine Wulandari Suryaningrum, Rohmad Wahid Rhomdani, Tri Endang Jatmikowati

Sari


Media evaluasi berbasis web dengan moodle dan mathjax merupakan teknologi digital yang dapat mensupport evaluasi pembelajaran matematika. Media evaluasi di Moodle selain dapat dibuat secara online dapat pula dibuat dengan menggunakan software MathJax yang merupakan mesin tampilan JavaScript sumber terbuka untuk LaTeX, MathML, dan notasi AsciiMath yang bekerja di semua browser modern. Tahapan penelitian pengembangan ini modifikasi dari penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langakah dalam penelitian ini disusun sebagai berikut: (1) Memilih software Open source, (2) Menentukan kriteria Media, (3) Mencari literature (studi data), (4) Mendesain (Melakukan pengembangan), (5) Menguji media pembelajaran, (6) Merevisi dan mengadakan penyempurnaan, (7) Membuat kesimpulan, (8) Hasil pengembangan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli menyatakan bahwa media evaluasi berbasis web dalam memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa yang baik, desain yang menarik dan tampilan website yang dinamis, layout website yang responsive dan kemudahan pada pengaksesan menggunakan HP maupun Laptop, kejelasan petunjuk belajar dan rumusan tujuan/kompetensi, kemudahan pengoperasian dalam ujian online, bahasa yang digunakan jelas dan sesuai, ketersediaan contoh dan ilustrasi untuk pemahaman materi. Dari hasil uji realiabilitas soal tes, diperoleh koefisien reliabilitas 0,89 dengan r table 0,468. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua soal tersebut reliabel.

 

Kata kunci Media Evaluasi, Website, Moodle, MathJax


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abar, C. A. A. P., & Barbosa, L. M. (2011). Computer Algebra, Virtual Learning Environment And Meaningfull Learning: Is It Possible? Acta Didactica Napocensia, 4(1), 1–12.

Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., & Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMAN Kota Singaraja. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(9), 136–157.

Barna, B., & Fodor, S. (2019). Complex gamification platform based on moodle system. 16th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age, CELDA 2019, Celda, 409–412. https://doi.org/10.33965/celda2019_201911c052

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research An Introduction (Fourth Edi). New York & London: Longman

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362

Cervone, D., Stark, C., Miner, R., & Topping, P. (2017). MathJax Documentation Release 2.5. www.mathjax.org

Dahal, N., & Pangeni, S. K. (2019). Workshopping in Online Courses: Insights for Learning and Assessment in Higher Education. International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education, 4(1), 89–110. http://survey.hshsl.umaryland.edu/?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1239336&site=ehost-live

Fomina, T. P., Vorobjev, G. A., & Kalitvin, V. A. (2016). Distance learning approaches in the mathematical training of pedagogical institutes’s students. International Journal of Environmental and Science Education, 11(18), 12145–12154.

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodel Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasi, 12(2), 167–183.

Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada matakuliah metode numerik. Jurnal Infomatika UPGRIS, 1, 42–48. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/808

Huang, L., Huang, F., Oon, P. T., & Mak, M. C. K. (2019). Constructs evaluation of student attitudes towards science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/109168

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599

Khoza, S. B. (2020). Students’ Habits Appear Captured by WhatsApp. International Journal of Higher Education, 9(6), 307. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p307

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13.

Mahmud, Z., & Porter, A. (2015). Using rasch analysis to explore what students learn about probability concepts. Journal on Mathematics Education, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1937.1-10

Mlotshwa, N., Tunjera, N., & Chigona, A. (2020). Integration of moodle into the classroom for better conceptual understanding of functions in mathematics. South African Journal of Education, 40(3), 1–14. https://doi.org/10.15700/saje.v40n3a1570

Nagy, J. T. (2018). Evaluation of online video usage and learning satisfaction: An extension of the technology acceptance model. International Review of Research inOpen and Distance Learning, 19(1), 160–185. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i1.2886

Naidoo, J. (2020). Postgraduate mathematics education students’ experiences of using digital platforms for learning within the COVID-19 pandemic era. Pythagoras, 41(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/PYTHAGORAS.V41I1.568

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032

Suendri, S., & Novita, N. (2018). Implementasi Plugin Mathjax Untuk Menampilkan Equation Interaktif Pada Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Cms Wordpress. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1763

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4428

Tirta, I. M. (2014). Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 2000 (November), 223–232.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.6533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot