Hubungan self regulated learning dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Ceger 02

Destia Khairunisa, Umri Umri, Debbi Silvia Aqida

Sari


Self regulated learning dipilih oleh peneliti guna mengukur kemampuan belajar peserta didik walaupun sarana dan prasarana yang dimiliki peserta didik terbatas, sehingga dapat mengetahui hubungan self regulated learning dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Ceger 02. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Ceger 02 dengan sampel 29 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket self regulated learning dengan model skala likert dan tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self regulated learning dan hasil belajar matematika peserta didik SDN Ceger 02 dengan nilai r hitung atau pearson correlation sebesar 0,574 dengan nilai signifikansi 0,002 yang artinya semakin tinggi nilai self regulated learning peserta didik, maka semakin tinggi juga hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Ceger 02, begitupun sebaliknya. Besarnya nilai koefisien determinasi pada penelitian ini adalah sebesar 32,95% dan sisanya sebesar 67,05 dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self regulated learning dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Ceger 02.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adicondro, N. dan Purnamasari, A. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII, Humanitas, Vol. VIII, No.1, 2011, h. 19.

Azmi, Shofiyatul. Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar, Seminar ASEAN, 2016, h. 401.

Bandura, A. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman. 1997.

Fahrurrozi dan Syukrul Hamdi. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press. 2017.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya. 2008.

Herlina, Vivi. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia. 2019.

Ibrahim, Doni Septu Marsa, dkk. Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press. 2017.

Juliandi, Azuar, Irfan, Saprinal Manurung. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi. Medan: Umsu Press. 2014.

Kritiyani, Titik. Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press. 2016.

Larasati, Icha. dkk. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Bulus Pesantren. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2. No 2. 2020.

Lesmanawati, Yunita, dkk. Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD Negeri Cibubur 04 Jakarta Timur. Jurnal Basicedu. Vol 4. No 3. 2020.

Lyons-Wagner, Elizabeth. “The effects of a self-regulation learning-strategies instructional program on middle-school students' use of learning strategies and study tools, selfefficacy, and history test performance. Dissertations in University of San Francisco. 2010. dipublikasikan.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja grafindo Persada. 2016.

Mirdanda, Arsyi. Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Pontianak: Yudha English Gallery. 2018.

Mukhtazar. Teknik Penyusunan Skripsi. Yogyakarta: Absolute Media. 2012.

Nai, Firmina Angela. Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Nofrianti, H. “Hubungan Self Regulated Learning dengan Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Bukittinggi,” Skripsi pada Universitas Negeri Padang, Padang, 2019, h. 22, Dipublikasi.

P, I Putu Ade A. dan I Gusti Agung N. T. J. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 2018.

Riyanto, Slamet, dan Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish. 2020.

Sutikno. Kontribusi Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran. Dewantara. Vol. 2. No.2. 2016.

Sutrisno. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahli Media Press. 2021.

Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. 2020.

Yusur, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.

Zimmerman, B. J. A Social Cognitive View Of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology. No. 3. Vol. 81. Hal. 329-339. 1989.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi