Kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based learning

Siti Maysarah, Sahat Saragih, Dian Armanto, Hasratuddin Siregar

Sari


Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan matematis yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Literasi matematis dapat diartikan sebagai pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis meliputi kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan, atau memperkirakan fenomena atau kejadian.  Selain itu, keterampilan sosial juga merupakan hal yang penting dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya keterampilan sosial, siswa dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Sehingga diharapkan dapat dengan mudah dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan sosial adalah model project based learning. Model ini memudahkan siswa untuk saling berinteraksi dalam pengerjaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based learning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari sumber seperti buku, jurnal, dan hasil-hasil penelitian yang telah ada.  Hasil dalam penelitian ini adalah model project based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, A. D. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Bobotsari. 4(2).

Bayu Sadewo, A. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Project Based Learning (Math Trail Project) Bebantu Math City Map. 6.

Bremer, C. &. (2004). Teaching Social Skills, National Center on Secondary Education and Transition Information Brief (Vol. 3 (5)). www.ncset.org.

Cartledge, C. &. (1992). Teaching Social Skill to Children: Innovative Approach. Teaching Social Skill to Children: Innovative Approach. New York: Pergemon Press.

Edward, J. (2004). The Language of Friendship: Developing Sociomathematics Norms in The Secondary School Classroom. [Online] Tersedia: http://eprints.soton.ac.uk/43843/01/Edwards_J_Final_CERMES_07.pdf.

Eny Sulistiani, M. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016 (pp. 605-612). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hafifatul Auliya Rahmy, M. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. 1(1).

Halimatus Sa’diyah, L. E. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar . 11(1).

Hasriatus Solehah, D. S. (2023). Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 23929-23940.

Iman, B. N. (2022). BUDAYA LITERASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Conference of Elementary Studies (pp. 23-41). Cirebon: PROCEEDINGS Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD.

Jannah, R. R. (2021). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis SIswa. 2(2).

KEMENDIKBUDRISTEK. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Laporan KEMENDIKBUDRISTEK.

Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika dalam Proses Belajar Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 28-33.

Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 162-174.

Minarni, A. (2020). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif SIswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurkamilah, M. M. (2018). Mengembangkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. 2(2).

OECD. (2014). PISA 2012 Result: What Students Know and Can Do-Student Performance in Maathematics, Reading and Science. I(Revised Edition, February 2014).

OECD. (2014). PISA 2012 Result: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science).

OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework. https://pisa2022-maths.oecd.org/ca/index.html.

OECD. (2024). Education GPS The World of Education at Your Fingertips. http://gpseducation.oecd.org.

OECD. (2024). Education GPS The World of Education at Your Fingertips. http://gpseducation.oecd.org".

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn Into Everyday Use? 4(1).

Putri Anggita Sari, I. N. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Model Make A Match di Kelas Tinggi. Volume III(Nomor 1).

Rahmy, H. A. (2021). Perilaku Makan Dan Status Gizi Remaja : Studi Kasus SMAN 9 Pauh. 5(2).

Rais, M. (2010). Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills.

Sahrul Ramadhan, M. P. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3231-3245.

Sanny, P. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Menggunakan Model Project Based Learning. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Siregar, T. J. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. 10(1).

Siti Faiqotul Ulya, W. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/, 589-596.

Siti Maysarah, S. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. 12(1).

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tamim, S. &. (2013). Definitions and Uses: Case Study of Teachers Implementing Project-Based Learning. 7.

Thomas, J. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California 94903.

Ulum, C. (2018). Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Muhammadiyah Selu Kulon Progo. 10(2).

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7076

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi