Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV di kota karawang

Wiwin Wiwin, Attin Warmi

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IX SMP Negeri yang ada di Kabupaten karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana tujuannya untuk mendeskripsikan atau menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam  mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis, Proses pelaksanaannya terdiri dari tiga langkah, yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pada tahap pelaksanaan siswa diberi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari 4 soal dengan aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan adalah Fluency, Flexibility, Elaborasi dan Originality. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV siswa SMP di salah satu SMP yang tepatnya ada di Kabupaten Karawang berada dalam kategori sedang. Dengan jawaban siswa tidak mampu menghasilkan ide ide baru, dan siswa kurang mampu mengembangkan ide ide atau gagasan, kesimpulan dari penelitian ini dapat kita lihat dari indikator indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kurang mampu berpikir originality dan berpikir elaboration.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.

Aripin, U. Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro Vol. 6, No. 2

Djuanda, M., Hairun, Y., & Suharna, H. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada materi lingkaran. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1).

Hanipa, A., Misbahudin, A., Andreansyah, R., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2 (5), 315.

Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika (suatu tinjauan epistemologi dan filosofis) Djuanda, M., Hairun,

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117-132.

Kesumawati, N. (2014). Kreativitas Berpikir Matematis Dalam Pembelajaran Berkarakter. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1).

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Novita, R., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Maju, 8(2), 502662.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Supriadi, H. (2016). Peranan pendidikan dalam pengembangan diri terhadap tantangan era globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92-119.

Usman, M. R. (2014). Pembelajaran inkuiri model alberta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi