Hubungan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA

Sinditia Fitri, Nita Hidayati

Sari


Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi logaritma. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas X dan memilih sampel sebanyak 3 siswa yang dipilih secara  purposive sampling  pada salah satu SMA di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dengan Instrumen tes yakni berupa 5 soal dimana soal terdiri dari indikator berpikir kritis teori Ennis dan indikator pemecahan masalah teori Polya. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa terkategori rendah sebanyak 8 orang, kategori sedang sebanyak 24 orang, dan kategori tinggi sebanyak 4 orang dengan persentase berturut-turut yaitu 11%, 22%, dan 67%. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah berkategori sedang yaitu dengan penjabaran kategori tinggi mampu menguasai seluruh indikator, kategori sedang belum menguasai indikator looking back, dan kategori rendah belum menguasai indikator carrying out the plan dan looking back. Dengan demikian, tingkat kemampuan berpikir kritis mempengaruhi cara pemecahan masalah matematis. Semakin tinggi kemampuan berpikir kritis, maka semakin baik kemampuan pemecahan masalah matematis siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfina, N. S., Harahap, M. H., Dan Elidra, R. (2021). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa DI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Jurnal), 4(1), 97-106.

Amanda, N. & Nusantara, T. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Di Mts Surya Buana Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(2), 89-92.

Ambar Ningsih, W. S., Suasana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85-93.

Anggreini, R. D., Bharata, H., & Noer, S. H. (2022). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 202-211.

Annizar, A. M., Masrurotullaily, Jakarta, MHD., Mukhli, M., Dan Apriyono, F. (2020). Problem Solving Analysis Of Rational Inequality Based On IDEAL Model. Journal Of Physics, 1465(1), 1-14

Azzahra, R. H. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153-162.

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. L., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 251-252.

Ennis, R. H. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 14, 5-25.

Fani, A. P. D. & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Pada Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 137-148.

Fitria, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1-7.

Gazali, R.Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hartanti Novi. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan Mipa, 2(3), 267-274.

Hidayah Nur. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X Ma Al Asror Kota Semarang. Skripsi, 1-148.

Hidayah Shofia. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Dasar Berdasarkan Teori Kastolan. Trilgi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 4(1), 61-66.

Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X Ma Al Asror Kota Semarang. Skripsi, 1-227.

Idayati, U. N. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Membaca Al-Quran Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas Viii Di Smpn 1 Siman Ponorogo Tahu Ajaran 2016/2017. Skripsi, 1-69.

Junaidi, Zalisman, Yusri. Y., Amin, K., Wismanto. (2023). Pengembangan Manjemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal On Education, 5(3), 10040- 10052.

Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Permendikbud No. 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud.

Khasanah, B. A. & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 46-53.

Novitasari, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Dengan Menggunakan Soal Programme For International Student Assesment (Pisa) Pada Konten Ruang Dan Bentuk. Skripsi.

Nurmalia, N. R., & Sari C. K. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Hots. Jpmi: Junal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 2053-2064.

Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton University Press.

Rosmaini. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869-879.

Sulianto, J., Cintang, N., Azizah, M. (2018). Analisis Korelasi Dan Regresi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan (Snp), 237-246.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Mea. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Pp. 605-612).

Susanti, Vera Dewi. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71-83.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor