Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa SMA pada materi program linier

Yulita Ristandri Moniy, Hasan Hamid, Mery Noviyanti

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan : 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap kemampuan literasi matematika siswa, 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan pre-test and post-test with non-equivalent control group design dengan sampel sebanyak 40 siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Halmahera Barat yang dipilih secara purposive sampling terdiri dari kelas eksperimen dan Kontrol. Teknik pengumpulan data dengan instrumen: tes kemampuan literasi matematika dan angket motivasi belajar yang dianalisis dengan bantuan SPSS 20  for  windows untuk melihat peningkatan dan perbedaan skor N-Gain menggunakan uji-t (paired sample-test). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan eemotivasi belajar siswa, (3) terdapat perbedaan  pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci : Teams games tournament, kemampuan literasi matematika, motivasi belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, Rizki, Hardani, & Yuniar. (2018). Penerapan Problem Based Learning yang Dipadukan dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Langsa. Journal of Basic Education Studies, I(2656-6702).

Anggoro, M., & dkk. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifuddin, M., & dkk. (n.d.). The Effect of Cooperative Learning Model of Team Game Tournament (TGT) Type on Students Mathematical Learning Achievement of Junior High School. XVI(no 5. 583-588).

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

dkk, Y. A. (2018). Pembelajaran Literasi Strategis Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. V(No 2. 93-196).

Haerullah, A., & Said, H. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Vol. I). Yogyakarta: CV Lintas Nalar.

Hariyanto, A. (2019). Model Pembelajaran Teams Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ilham, M. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Self Efficacy Siswa.

Ilhan, A. (2021). The Impact of Game-Based, Modeling, and Collaborative Learning Methods on The Achievements, Motivations, and Visual Mathematical Literacy Perception. (DOI: 10.1177/2158244021100356).

Lestari, S. (2019). Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Murid Kelas V SD Inpres 181 Pattokang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Muttaqien, A., Suprijono, A., & Purnomo, A. (2021). The Influence of Cooperative Learning Types of Teams Games Tournaments on Students Critical Thinking Ablity. International Journal for Educational and Vocational Studies, III, 432-437.

Nadrah, Tolla, I., Ali, M., & Muris. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Student Motivation Toward Physics Learning Outcome. Pusat Sains dan Pendidikan Kanada, 123-129.

Najmi, N., Rofiq, M., & Ma'arif, M. (2021). The Effect of Cooperative Learning Model Type of Teams Games Tournament (TGT) and Students Learning Achievement At-Tarbiyat. Jurnal Pendidikan Islam, 246-258.

Oktavia, M. (2019). Uji NOrmalitas Gain Untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simosium Nasional Ilmiah, 596-601.

Permendiknas No 4. (2007). Standar Prosess Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas.

Priyonggo, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Agito. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Putra, S., Dewi, H., & Aryani, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, IV(doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449).

Putra, Y., & Vebrian, R. (2020). Literasi Matematika: Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: CV Budi Utama.

R, Indah. (2020). Analaisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas XI pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Palopo: Universitas Cokroaminotopo.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Sadirman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitunan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugilar, & Juandi, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sukarelawa, M., Indratno, T., & Ayu, S. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalm Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.

Syafi'i, M. (2018). Semangat Literasi Matematika pada Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Guna Mningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan STIKIP Kusua Negara, IX(no 2. 2623-0380).

Syawahid, M., & Putrawangsa S. (2017). Kemampuan Lierasi Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, X(2), 222-240.

Unengan, I., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi Model Kooperatif TGT dengan Media Ludo Math untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, III(1).




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7893

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor