PEMETAAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA
Sari
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan eksploratif, bertujuan untuk: 1) Mengungkap peta standar kompetensi dan kompetensi dasar yang belum dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada mata pelajaran Matematika di kabupaten Kepulauan Sula, 2) Mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktuntasan penguasaan kompetensi dasar dan standar kompetensi oleh siswa. 3) Menemukan alternatif pemecahaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaaan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prosedur dan metode serta analisis untuk tahap I (pertama) menggunakan pendekatan survei dan deskriptif eksploratif, untuk mengetahui faktor penyebab, dan menemukan alternatif pemecahan masalahnya. Sedangkan untuk teknik analisis data pada tahap II (dua), menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melakukan analisis hasil implementasi pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Penyebab ketidaktuntasan kompetensi dasar mata pelajaran Matematika di SMA di Kabupaten Kepulauan Sula yakni 8 standar nasional pendidikan dipengaruhi oleh : 1) kebijakan pemerintah tentang pendidikan gratis, 2) Sumberdaya Manusia (SDM) dan Sarana Prasarana Pendidikan yang kurang memadai. Alternatif Model pemecahan yang ditawarkan adalah kegiatan peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan MGMP, TOT dan pelatihan bagi tenaga pendidik. Bentuk implementasi Penguatan dan Peningkatan Pengelolaan MGMP, Penguatan dan Peningkatan Monitoring Pembelajaran di Kelas, TOT desain dan implementasi perangkat pembelajaran berbasis kepulauan, TOT desain media pembelajaran, Induksi Peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui Lesson Study, TOT desain MULOK melalui pengembangan modul MULOK, TOT MBS
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v1i2.86
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0