Kemampuan berpikir komputasional matematis pada materi trigonometri
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir komputasional mahasiswa dalam memahami konsep trigonometri. Berpikir komputasional merupakan keterampilan mendasar dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya dalam mengidentifikasi pola, melakukan abstraksi, dan merancang algoritma solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain post-test only, yang melibatkan partisipan yang dipilih melalui purposive sampling berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir komputasional. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi aspek-aspek pemikiran komputasional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir komputasional mahasiswa dalam memahami trigonometri dikategorikan menjadi tiga tingkatan berdasarkan interval nilai, yaitu tinggi (x ≥ 77,72) dengan 11 mahasiswa, sedang (39,46 ≤ x < 77,72) dengan 37 mahasiswa, dan rendah (x < 39,46) dengan 7 mahasiswa. Mahasiswa dengan keterampilan berpikir komputasional yang tinggi mampu menerapkan strategi pemecahan masalah secara sistematis seperti dekomposisi masalah, pengenalan pola, abstraksi, dan penggunaan algoritma. Sebaliknya, siswa dengan keterampilan berpikir komputasional yang rendah mengalami kesulitan memahami konsep trigonometri dasar dan kurang mampu menerapkan strategi solusi yang efektif. Temuan ini menyoroti peran penting peningkatan keterampilan berpikir komputasional dalam memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep trigonometri. Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir komputasional mahasiswa dalam memahami materi trigonometri berada dalam kategori tinggi, sedang dan rendah.
Kata kunci: Berpikir Komputasional; Matematika; Pembelajaran Matematika; Pemecahan Masalah; Trigonometri;
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifah, H. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Trigonometri Melalui Kombinasi Geogebra dan Infografis: Pendekatan yang Dinamis dan Menarik. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 15(1), 17-22.
Alfina, A. (2017). Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Aritmetika Sosial Ditinjau Dari Gender. Simki-Techsain, 1(4), 2–6.
Ardiansyah, R., Atmojo, I. R. W., & Widianto, J. T. (2024). Literature Review: Computational thinking dalam pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 77-83.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Budiarti, H., Wibowo, T., & Nugraheni, P. (2022). Analisis Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1102– 1107. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.752
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-5
Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590-12598.
Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humpreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational Thinking : A guide for teachers. Computing At School. http://computingatschool.org.uk/computationalthinking
Dwijayanti, I., & Wulandari, D. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KONSEP DIRI. JIPMat, 9(2), 314-323.
Fauji, T., Sampoerna, P. D., & Hakim, L. El. (2022). Penilaian Berpikir Komputasi Sebagai Kecakapan Baru dalam Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Negeri Alauddin Makasar, 598–514.
Fauji, T., Sampoerno, P. D., & El Hakim, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 87–98
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol. 2, No. 3, September 2022, 2(3).
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis keterampilan berpikir komputasional dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136-144.
Kamil, M. R. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matemnatika, 12(2), 259–270.
Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek Pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55.
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada materi program linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178-188.
Marfuah, A. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING. Irfan Kaje.
Mudzakkir, L. (2020). Hubungan Mindset Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Sma Pada Konsep Karakteristik Gelombang Mekanik (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Muspita, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Putri, I. A., Tanjung, M. S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur: Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(2), 23-33.
Ramadhan, M. R., & Diana, H. A. (2022). Analisis Level Kemampuan Pemahaman Matematis dan Metakognitif Siswa SMP. RANGE, 4, 13–27.
Rodríguez del Rey, Y. A., Cawanga Cambinda, I. N., Deco, C., Bender, C., Avello-Martínez, R., & Villalba-Condori, K. O. (2021). Developing computational thinking with a module of solved problems. Computer Applications in Engineering Education, 29(3), 506–516. https://doi.org/10.1002/cae.22214
Safitri, T., Ginting, T. L. B., Indriani, W., & Siregar, R. (2024). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(2), 10-16.
Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Sabekti, T. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi COVID-19 (Deskriptif Kuantitatif Di SMAN 1 Babadan Ponorogo). Kadikma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 67–72. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Model Reciprocal Teaching (Rt) Dan Model Air Auditory Intellectual Repetition (Air). Math Educa Journal, 3(2), 219-230
Wahid, R., Eliza, R., & Susanto, A. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. Journal Cerdas Mahasiswa, 5(1), 12-22
Yadav, A., Krist, C., Good, J., & Caeli, E. N. (2018). Computational thinking in elementary classrooms: measuring teacher understanding of computational ideas for teaching science. Computer Science Education, 28(4), 371–400. https://doi.org/10.1080/08993408.2018.1560550
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9746
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0