Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA
Sari
Kata kunci : Analisis; Kesulitan Siswa; Literasi Matematika; PISA
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditya Sari Harahap, A., Salsabila, Y., Mahfuzah Harahap, M., Aini Wirdia, I., Tarbiyah dan Keguruan, I., & Sumatra Utara, U. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 415–426. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/937
Aminudin, M., Maharani, H., & Dewi, F. (2020). Student Questions in Solving Open-Ended Mathematics Problems. https://doi.org/10.4108/eai.27-8-2020.2303242
Andari, R. M., & Setianingsih, R. (2021). Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problem Using Indonesian Cultural Context. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 52–67. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.52-67
Andrian, D., Nurhalimah, S., & Loska, F. (2024). Problem Based-Learning Performance in Improving Students ’ Critical Thinking , Motivation , Self-Efficacy , And Students ’ Learning Interest. 13(1), 259–272.
Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277
Belajar, P., Mata, S., Matematika, P., Telaumbanua, G. N., Lase, S., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya. 6(2), 1489–1498.
Citra Miranti Almadani, & Rika Wulandari. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 Sdn Pucangtelu Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2), 2808–2827. https://doi.org/10.62281/v2i2.189
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dengan Model Pembelajaran PBL dan PJBL. Jurnal Basicedu, 4(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Febrianti, P., & Nurjanah, N. (2022). Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2021. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1664
Kase, F. M. Y., Nesti, R. D. H., Senid, P. P., Senia, M. E., & Djawa, R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi FPB dan KPK. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5638
Mareta, D., & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12075
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA. OECD. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html
Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9
PISA. (2022). PISA 2022 Results ( Volume I ): The State of Learning and. I(Volume I), 6–11.
Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775
Purwosari, N., & Jamaluddin, M. (n.d.). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Story Problems in Terms of Cognitive Style. https://journal.sanagustin.ac.id/index.php/reimann
Roisatun Nisa’. (2023). Kanal Belajar Online Official: Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Secara Mandiri. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 773–777. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i4.787
Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5, Dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.
Susanti, N. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Level 1 - 6. Universitas Negeri Mataram, 1–133.
Wijayanti, M. D., & Nalurita, I. V. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.709
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9884
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0