Peningkatan kemampuan berhitung dasar matematika guru sd negeri kecamatan pulau hiri kota ternate melalui penggunaan metode nonsimpan pinjam
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berhitung dasar matematika guru SD melalui penggunaan metode non simpan pinjam. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjadikan 40 guru SD Negeri Kecamatan Pulau Hiri Kota Ternate sebagai sampel. Data pencapaian dan peningkatan kemampuan berhitung dasar matematika guru SD diambil melalui pretes dan postes menggunakan instrumen tes yang valid. Data kemampuan guru SD yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk mengungkapkan pencapaian dan peningkatannya. Hasil pretes masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Kelemahan ini karena guru masih berhitung menggunakan cara rutin dengan metode simpan dan pinjam. Hasil penelitian dengan menggunakan metode non simpan pinjam terdapat 31 guru (77,5%) telah memiliki kemampuan berhitung dasar matematika dalam kualifikasi baik sekali, 3 guru (7,5%) memiliki kemampuan berhitung dasar dengan kualifikasi baik, dan 6 guru (15,0%) mencapai kemampuan dalam kualifikasi cukup. Peningkatan kemampuan berhitung dasar matematika yang dihitung menggunakan gain ternormalisasi, terdapat 28 guru (70%) mengalami peningkatan dengan interpretasi tinggi, 10 guru (25%) dengan peningkatan interpretasi sedang, dan 2 guru (5%) mengalami peningkatan dengan interpretasi rendah. Secara keseluruhan, peningkatan kemampuan berhitung dasar matematika dalam interpretasi tinggi. Penggunaan Metode Non Simpan Pinjam secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika guru SD Negeri Kecamatan Pulau Hiri Kota Ternate.
Kata kunci: Berhitung Matematika; Guru SD; Hiri; Matematika; Metode Nonsimpan pinjam
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Jurnal Forum Pendagogi, 6(1).
Arfandi. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah. Jurnal Studi Pendidikan dan Pendagogi Islam, 5(1).
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar: Teori dan prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.
Ernawati, I., & Totok, S. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Jurnal Elinvo, 2(2).
Jais, E., & Farisman, F. S. G. A. (2018). Meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik pada operasi hitung bilangan bulat dengan penggunaan media kelereng warna untuk kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, 4(2), 72-78.
Fahrurrozi, & Syukrul, H. (2017). Metode pembelajaran matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Faizah, S. (2021). Matematika SD/MI. Sukoharjo: Citra Pustaka.
Hake, R. R. (2019). Analyzing Change/Gain Score,(1999). USA: Indiana University.
Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran matematika: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Pramudya, I., Mardiyana, S., Sujatmiko, P., & Aryuna, D. R. (2020). Pelatihan Praktek Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan “MiKIR” Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis dan Aljabar Di MGMP Matematika SMP Sragen. Journal Of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 1-11.
La Nani, K. (2019, November 21). Metode nonsimpan pinjam (menjumlah tanpa simpan dan mengurang tanpa pinjam). Malut Post.
La Nani, K., Bakar, M. T., Samili, A. O., Purwati, P., & Sadaralam, S. (2022). Penerapan Metode Non Simpan Pinjam Dalam Peningkatan Keterampilan Berhitung Dasar Matematika Guru SD Negeri 69 Kota Ternate. EDUKASI, 20(2), 178-186.
Philips, B. (2006). Statistics education and the communication of the statistics: A report on the IASE/ISI Satellite Meeting. Australia: Swinburne University of Technology. http://www.stat.auckland.ac.nz/~iase/publications.php
Rozali, M. N., & Wah, B. Y. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Usman, H., & Akbar, S. P. (2011). Pengantar statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, T. (2011). Cepat menguasai SPSS 19 untuk olah & interpretasi data penelitian & skripsi. Yogyakarta: Cahaya Atma.
Winarningsih, U. (2017). Pengembangan media pembelajaran lift ball untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika peserta didik kelas IV SDN Jurugentong Banguntapan Bantul (Tesis). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya, 4 Agustus 2010.
Zayanti, D. A. (2013). Pelatihan berhitung dengan jarimatika untuk guru-guru sekolah dasar di Inderalaya. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 1(1), 25-28.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9995
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0