PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) MELALUI VIRTUAL CLASS TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR

La Ode Muhammad Azhar, Chumidach Roini, Said Hasan

Sari


This study aims to determine the effect of the Reading Questioning And Answering (RQA) learning model through Virtual Class on metacognitive skills and cognitive learning outcomes of students in the biology education study program in the basic teaching ability course. There are two variables in this study, namely the independent variable is the Reading Questioning And Answering (RQA) Learning Model and the dependent variable is Metacognitive Skills and Cognitive Learning Outcomes. The method used in this research is a quantitative method. The form of research used is a quasi-experimental research design with pretest posttest control group design. Data collection techniques using the Metacognitive Awareness Inventory (MCAI) Questionnaire, Cognitive Learning Outcomes Test and Documentation. The results of this study indicate that there is an effect of the Reading Questioning And Answering (RQA) learning model through the Virtual Class on metacognitive skills and cognitive learning outcomes of students of the biology education study program in the subject of basic teaching abilities.

Kata Kunci


RQA Learning Model; Metacognitive Skills; Cognitive

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin & Corebima. 2016. Analisis Persepsi Dosen Terhadap Strategi Pembelajaran Reading Questiong And Answering (Rqa) Dan Argument Driven Inquiry (Adi) Pada Program Studi Pendidikan Biologi Di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional II : Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang.

Ardila C, dkk. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Retensi Siswa Kelas X Dengan Penerapan Strategi Permberdayan Berpikir Melalui Pertanyaan (Pbmp) Di Sman 9 Malang. Jurnal Pendidikan Sains: Hal 1-9.

Bahri. A. 2016. Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Pada Perkuliahan Fisiologi Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar. Jurnal Bionature, Volume 17, Nomor 2, Oktober 2016, hlm. 106-113

Coutinho, A.S. 2007. The Relationship Between Goals, Metacognition, And Academic Success. Educate~ Vol.7, No.1, 2007, pp. 39-47. (Online). (http://www.educatejournal.org/).

Eriawati, 2013. Aplikasi Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Ekosistem Di Man Rukoh. Jurnal Biotik. ISSN: 2337-9812, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-66.

Fatimah S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Audio Visual Intelektual) Terhadap Kemampuan Pengetahuan Metakognitif Siswa Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas Vii-2 Mtsn Tanjunganom Nganjuk. Artikel Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Gunawan. 2012. Aksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran: Vol 2, No 02.

Habib M, ddk. 2020. Pengaruh Covid-19 terhadap Minat Belajar Daring Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Bismak Volume 1.

Hapsari N. 2016. Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Metakognisi Peserta Didik Melalui Bahan Ajar Berbasis Konstruktivis-Metakognitif. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia

Hawasiyah. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 24 Kota Jambi. Skripsi: Halaman 33-35: Universitas Islam Negeri.

Jayul A & Irwanto E. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi: Vol. 6, No. 2, Hal. 190 – 199.

Jusman M. 2018. Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, Dan Kesadaran Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri Di Kota Parepare. Skripsi : Universitas Negeri Makassar.

Kusnawati, T. 2007. Optimalisasi Pembelajaran Comprehension Ecrite Melalui Penerapan Prosedur Bertanya. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.

Lashari A, dkk. 2017. Pengaruh Model Reading Questioning Answering (Rqa) Terhadap Pengetahuan Metakogitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 2 No. 2| 27 – 33.

Malahayati N, dkk. 2015. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Sains: Vol. 3 No. 4, Hal 178-185.

Maulida A & Mayasari R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, Vol.5 No.3: 99 – 106.

Nuryana & Sugiarto. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 Sma Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical EducationVol.. 1, No. 1,pp 83-75.

Sari M. 2018. Perbandingan Strategi Pembelajaran Rqa (Reading, Questioning And Answering) Dan Strategi TTw (Think-Talkwrite) Berbantuan Media Question Cards Terhadap Pemahaman Konsep IPA Di SMPN 1 Bandar Lampung. Skripsi: Halaman 20-23. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sholihah, dkk. 2016. Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar ognitif Siswa Dengan Model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (Remap RT). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: 4: Halaman: 628—633.

Singh, Y.G. 2012. Metacognitive Ability of Secondary Students and Its Association with Academic Achievement in Science Subject. International Indexed & Referred Research Journal, 4(39).

Situmorang R, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika: Volume 3, Nomor 2, hlm. 51-97.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2020. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Mahasiswa. Innovative, Volume 08, Nomor 01 http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative.

Syarifah, dkk. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Dipadu Think Pair Share (TPS) Terhadapketerampilan Metakognitif Siswa Laki-Laki Dan Perempuan SMAN Di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: Halaman: 801—805




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i2.3818

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.