PENERAPAN METODE NON SIMPAN PINJAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG DASAR MATEMATIKA GURU SD NEGERI 69 KOTA TERNATE

Karman La Nani, Marwia Tamrin Bakar, Asnita Ode Samili, Purwati Purwati, Safruddin Sadaralam

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan secara komprehensip keterampilan berhitung dasar matematika guru SD melalui penenerapan metode non simpan pinjam. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjadikan 10 guru SD Negeri 69 Kota Ternate sebagai subyek sampel. Data keterampilan berhitung dasar matematika guru SD diambil melalui pretes dan dan postes menggunakan  instrumen tes yang valid. Data keterampilan guru SD yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk mengungkapkan pencapaian dan peningkatannya. Hasil pretes, diperoleh keterampilan berhitung dasar matematika guru SD perlu ditingkatkan, karena masih menggunakan keterampilan berhitung cara rutin dengan metode simpan dan pinjam.  Hasil pelatihan dengan menerapkan metode non simpan pinjam terdapat 8 guru (80%) telah memiliki keterampilan berhitung dasar matematika dalam kategori baik sekali dan 2 guru (20%) memiliki keterampilan berhitung dasar dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan berhitung dasar matematika yang dihitung menggunakan gain ternormalisasi, terdapat 8 guru (80%) mengalami peningkatan kategori tinggi, dan 2 guru (20%) dengan peningkatan kategori tinggi. Secara keseluruhan, peningkatan keterampilan berhitung dasar matematika dalam ketegori tinggi. Penerapan  Metode Non Simpan Pinjam (Menjumlah tanpa simpan dan mengurang tanpa pinjam) secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berhitung dasar matematika guru SD Negeri 69 Kota Ternate.

Kata Kunci


Keterampilan Berhitung Dasar Matematika; Non Simpan Pinjam; Operasi Penjumlahan dan Pengurangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Des Alwine Zayanti. 2013. Pelatihan Berhitung dengan Jarimatika untuk Guru-guru Sekolah Dasar di Indralaya. https://www.researchgate.net/ publication/345268087_Pelatihan_Berhitung_dengan_Jarimatika_untuk_guru-guru_Sekolah_Dasar_di_Indralaya.

Ernawati Jais dan Fadly Satryo Guntara All Farisman. 2018. Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik pada Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Penggunaan Media Kelereng Warna untuk Kelas II SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, Volume 4 - Nomor 2, halaman 72-78.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

La Nani, Karman. 2019. Metode Nonsimpan Pinjam (Menjumlah Tanpa Simpan dan Mengurang Tanpa Pinjam). Malut Post, Kamis 21 November 2019.

Lentera Inspiratif. 2017. https://lenterainspiratif.com/2017/10/23/sd-negeri-44-sebagai-sekolah-percontohan-di-kota-ternate/.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5429

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.