Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional

Isma Imamatunnisa, Ipah Muzdalipah, Linda Herawati

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral matematis dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket kecerdasan emosional, tes kemampuan berpikir lateral berupa soal open ended, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMPN 7 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan hasil angket kecerdasan emosional yang diklasifikasikan ke dalam kategori tinggi, sedang, rendah dan hasil soal tes kemampuan berpikir lateral matematis yang dapat memenuhi aspek tanpa melihat jawaban benar atau salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan emosional tinggi mampu memenuhi keempat aspek berpikir lateral secara optimal. Subjek dengan kecerdasan emosional sedang dapat memenuhi ketiga aspek berpikir lateral yaitu mengenali ide dominan dari masalah yang dihadapi, mencari cara pandang dari suatu permasalahan, dan keluwesan cara berpikir, namun belum mampu menggali ide-ide acak untuk gagasan baru. Sedangkan subjek kecerdasan emosional rendah hanya dapat memenuhi pada dua aspek yaitu mengenali ide dominan dari masalah yang dihadapi dan mencari cara pandang dari suatu permasalahan, namun tidak dapat berpikir secara fleksibel dan cenderung kesulitan dalam mencari alternatif penyelesaian menggunakan konsep lain. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional peserta didik, maka semakin optimal pula kemampuan berpikir lateral matematis yang ditunjukkan dalam menyelesaikan soal open-ended.


Kata Kunci


Analisis, Open Ended, Kemampuan Berpikir Lateral, Kecerdasan Emosional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Goleman. (2018). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Ilyas, M., Ma’Rufi, M., Fitriani, F., & Salwah, S. (2018). Analysis of senior high school students’ emotional intelligence in cooperative based mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012082

Kandioh, G. F., Sumarauw, S. J. A., & Sulangi, V. R. (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Kemampuan Problem Solving Matematika Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1443–1451. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3168

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, S., & Rosyidah, U. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. 1(1), 70–74.

Puji Astuti, E. R., & Amin, S. M. (2019). Profil Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosi. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 378–385.

Rosmayanthi, D., & Ratnaningsih, N. (2021). Lateral Thinking Proces Analysis Of Students In Solving Open Ended Problems From Concrete Random and Random Thinking Style Abstract. 11(2), 103–119.

Sakinah, G. Q., Farihah Anwar, I., & Tutut Widiastuti, T. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi SPLDV Ditinjau Berdasarkan Tahapan Kastolan. Mathematics Education on Research, 40, 102–118.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tasar, M., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2018). Proses Berpikir Lateral Siswa Madrasah Aliyah Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Melalui Pendekatan Open-Ended. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 331–346. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.512

Ulinikmah, S., & Rahaju, E. B. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. MATHEdunesa, 10(2), 206–219.

Wantika, R. R. (2019). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 932–937. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Wendayani, Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn Untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathemtics Education, 1(2), 112–123. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/782

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i3.10441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.