Analisis Kemampuan Liteasi Numerasi Siswa SMA Kota Ternate dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi matematis murid dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ini adalah murid kelas XI SMA Negeri di Kota Ternate, yaitu SMA Negeri 1 Kota Ternate, SMA Negeri 2 Kota Ternate, dan SMA Negeri 4 Kota Ternate. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes soal sistem persamaan linear dua variabel berbentuk essay sebanyak 1 butir soal serta telah divalidasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data yang dipopulerkan oleh Miles and Hubermas. Model tersebut terdiri dari tiga tahapan yaitu, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan murid dalam materi yang diukur di tiga sekolah (SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 4 Kota Ternate) masih didominasi pada kategori rendah dan sedang. Pada SMA Negeri 1 Kota Ternate, sebagian besar murid berada pada kategori sedang (42,86%), meskipun masih terdapat 33,33% murid berkategori rendah. Pada SMA Negeri 2 Kota Ternate, persentase murid kategori rendah justru paling tinggi (45%), sedangkan kategori sedang hampir seimbang (40%), dan hanya sebagian kecil (15%) yang berada pada kategori tinggi. Sementara itu, pada SMA Negeri 4 Kota Ternate, mayoritas murid berada pada kategori rendah (60%), dengan jumlah yang sangat sedikit pada kategori tinggi (6,67%).
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i3.10790
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
Editorial Office :Â Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Telepon: (0921) 3121550
Email:Â joko.s@unkhair.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.