Problematika Pelaksanaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika

Nurul Inaya B. Upara, Hajrah Nabila Pitri, Yati Ismadi, Putri A. Ilham, Ahmad Afandi

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas problematika pelaksanaan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka atau kajian pustaka. Artikel ini ditulis dengan mengumpulkan berbagai data yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang memfokuskan siswa pada penyelesaian masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kendala-kendala yang dihadapi guru  saat menerapkan model PBL yaitu guru membantu siswa untuk melakukan refleksi terhadap investigasinya dan proses yang mereka gunakan. Kendala lainnya dalam mengarahkan siswa menemukan hubungan antara materi yang di ajarkan dengan kehidupan sehari- hari. Solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pbl saat proses pembelajaran matematika yaitu guru perlu melakukan beberapa tindakan, yaitu menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan sintak yang ada.


Kata Kunci


Model Problem Based Learning; Pembelajaran matematika

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i3.8176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.