IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP KOTA TERNATE

Naniek Jusnita, Anwar Ismail

Sari


Penelitian dilakukan untuk mencari tahu proses penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris dan kesulitan-kesulitan yang di hadapi oleh guru dalam proses pengajaran dikelas. Penelitian ini berfokus pada proses pengajaran dan pembelajaran khususnya pada implementasi pendekatan saintifik (Scientific Approach). Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah menengah yang berbeda di Kota Ternate. Peserta dalam penelitian ini adalah sembilan guru SMP bahasa Inggris dari keterwakilan tiga SMP dan dari kelas 1, 2, dan 3. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan desain kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan lewat analisis dokumen, wawancara dan Observasi. Data dianalisis dengan analisis tema dan di presentasikan berdasarkan pertanyaan penelitian. Data kemudian divalidasi lewat tringulasi dan member cek.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik approach dalam kurikulum 2013 sudah sesuai dengan kaidah dan disusunanya. Dalam format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru-guru bahasa Inggris mendiskripsikan secara jelas langkah-langkah pendekatan saintifik (scientific Approach) dengan menggunakan metode, strategi atau tekhnik pembelajaran secara variatif. Namun dalama proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas, guru masih jarang menerapkan pendekatan tersebut. Dalam sistimatis pendekatan saintifik, guru sering tidak mengikuti tahapan langkah-langkah penerapan pendekatan tersebut karena lebih menyesuaikan kondisi kelas. Guru-guru belum maksimal menerapkan pendekatan tersebut karena ada beberap faktor yang mempengaruhinya.

Kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam penerapan pendekatan saintifik adalah: 1) kurangnya pelatihan atau workshop yang melibatkan banyak guru di setiap sekolah 2) terbatasnya media pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut.


Teks Lengkap:

Hal. 1-10


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i1.616

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.