MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN

Yusri Hi. Tauhid, Bahtiar Bahtiar, Aswal Salewangeng, WD. Syarni Tala

Abstract


Perguruan Tinggi adalah kelanjutan pendidikan menengah yang diselengarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi maupun kesenian. Proses belajar merupakan suatu hal yang kompleks bagi mahasiswa dan menentukan terjadi tidaknya belajar, sehingga mahasiswa dituntut aktif dan mandiri dalam belajarnya. Motivasi mahasiswa akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam jangka panjang, salah satunya dalam hal prestasi akademik. Bila motivasi tinggi, maka akan meningkatkan semangat belajar serta prestasi akademiknya. Begitupun sebaliknya bila motivasi rendah, maka akan berpengaruh pada semangat belajar dan prestasi akademik yang juga ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Khairun. Data yang disajikan berupa data mentah yang diolah menggunakan metode kualitatif yaitu suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Adapun yang disajikan dalam deskripsi data ini adalah deskripsi frekwensi yang disajikan per indikator beserta prosentase frekwensi dan perolehan skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa, motivasi berprestasi mahasiswa pendidikan biologi Universitas Khairun sangat tinggi dengan skor senilai 85.2%.

Keywords


motivasi berprestasi; pendidikan biologi; universitas khairun

References


Alexandrov, A.N. (2023) ‘On the Issue of Internal and External Factors of Motivational Approach in Adult Education’, ПрофеÑÑиональное образование в Ñовременном мире [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.20913/2618-7515-2023-1-20.

Aliyam, K. (2022) ‘The General Concept of Motivation as an Optimization Factor in the Educational Process’, H. Dosmu̇hamedov atyndaġy Atyrau memlekettìk universitetìnìņ habaršysy [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.47649/vau.2022.v65.i2.06.

Chaplin, J.P. (2001) Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas (2010) Model Pembelajaran IPS, Malang. Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.

Handayani, R. (2010) Pengaruh Hipnosis terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiya Surakarta.

McClelland, D.C. (1987) Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Mudjiman, H. (2011) Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Monique, J., Grant, Coke. (2022). Success Driven: Student Motivation Actions in Teaching and Learning. Journal of human psychology, doi: 10.14302/issn.2644-1101.jhp-22-4273.

Ormrod, J.E. (2008) Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 2. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Raysharie, P.I. et al. (2023) ‘TheEffect of Student’s Motivation on Academic Achievement’, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1).

Santrock, J.W. (2009) Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A. (2001) Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siregar, A.R. (2006) ‘Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Pola Asuh.’

Wira et al. (2021) ‘Guided Reading Approach to Reach Students’ Reading Comprehension: A Descriptive Qualitative Research.’ Available at: https://doi.org/doi: 10.4108/EAI.14-9-2020.2305687.

Wita, H. (2022) ‘Meningkatkan Motivasi menjadi Mahasiswa yang berprestasi di masa Pandemi.’, JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 2(1), pp. 35-46. Available at: https://doi.org/10.36085/jams.v2i1.2389.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Bioeducation
Biology Education Study Program | Faculty of Teacher Training and Education | Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kelurahan Akehuda, Kota Ternate Utara, Maluku Utara 97728 Indonesia