Etnomatematika pada masjid aschabul kahfi perut bumi Al Maghribi Tuban sebagai konsep geometri di sekolah dasar

Tika Nurhalisa, Zilma Ainin Alghofiati, Mu'jizatin Fadiana

Sari


Etnomatematika merupakan penerapan konsep matematika dalam sebuah kebudayaan. Budaya yang dimaksudkan dalam penelitian ini mengacu pada tempat wisata religi yang ada di Tuban yaitu  Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi. Objek yang akan diteliti adalah bentuk beberapa arsitektur bangunan yang ada pada Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan konsep geometri di sekolah dasar yang ditemui pada Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi. Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi serta pendekatan etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat konsep geometri di sekolah dasar pada Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi seperti : (1) Pintu yang menerapkan konsep bangun datar lingkaran, (2) Lantai yang menerapkan konsep bangun datar persegi, (3) Ornamen lorong yang menerapkan konsep bangun datar setengah lingkaran, (4) Ornamen lampu yang menerapkan konsep bangun ruang sisi lengkung kerucut, serta (5) Pilar yang menerapkan konsep bangun ruang sisi lengkung tabung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, D. Y. (2017). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa. Jurnal Formatif, 7, 253–261.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Bibuka Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Jurnal MathEdu, 4(2), 155–162.

OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus.

Panjaitan, S., Hartoyo, A., & Fitriawan, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun Songket Suku Melayu Sambas. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 19–31. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/AlphaEuclidEdu/article/view/47890

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDHI Kemendikbud.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 1–12.

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat †Untuk Memahami Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 185–193.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah“Pendidikan Dasar,†IV, 21–31.

Resfaty, A. G., Muzdalipah, I., & Hidayat, E. (2019). Studi Etnomatematika: Mengungkap Gagasan Dan Pola Geometris Pada Kerajinan Anyaman Mendong Di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 19–26.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI, 2(2), 118–125.

Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 8(3), 175–184.

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28.

Wahyuni, I. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember. FENOMENA, 15(2), 225–238.

Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eskplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(April), 27–34.

Yuliastuti, R., & Ardi, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Media online Dengan Pendekatan Etnomatematika Melalui Metode Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang. Prosiding SNasPPM, 5(2), 380–383. https://sipd.unirow.ac.id/prosiding/index.php/SNasPPM/article/view/447

Z, Y. R., & Muclian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 124–136.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0