Penggunaan media tangram untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika kelas IV
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tangram terhadap minat dan hasil belajar matematika materi bidang datar pada siswa Kelas IV UPT SD Negeri Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Pre-eksperimental Design dengan bentuk design One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika sebelum menggunakan media tangram (pretest) ada sekitar 71,3% siswa yang belum mencapai nilai KKM dan 28,6% siswa telah memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 65,00. Sedangkan setelah menggunakan media tangram 100% siswa telah memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 84,07. Data hasil minat belajar matematika sebelum menggunakan media tangram diperoleh nilai rata-rata 68,6% dan setelah menggunakan media tangram nilai rata-ratanya 88,86%. Hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel atau 7.026 > 2.160 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar matematika materi bidang datar pada siswa kelas IV UPT SD Negeri Bissoloro dengan menggunakan media tangram mengalami peningkatan.
Â
Kata kunci: media tangram, minat dan hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminah, S. (2018). Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Siswa Kelas V. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 1(1).
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Astuti, E. R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Tangram pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemiri Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(4), 602–616.
Fitri, N. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Tangram Pada Pembelajaran Konsep Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas II SD Panaikang II kota makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, 8(75). https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Hasratuddin. (2022). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6, 130–141.
Imami, A. I. A. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatifatematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Lin, C. P., Shao, Y. J., Wong, L. H., Li, Y. J., & Niramitranon, J. (2011). The impact of using synchronous collaborative virtual tangram in children’s geometric. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 250–258.
Luh, N. I., & Karang, G. (2017). Pendidikan Matematika SD. Universitas Dwijendra Denpasar.
Maula, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematis dengan Menggunakan Media Tangram Materi LUas Bangun Datar pada Siswa MI Al-Hidayah Kebayoran Lama Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nyet Moi Siew, C. L. C. and M. R. A. (2013). Facilitating Students’™ Geometric Thinking Through Van Hiele’™S Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences, 9(3), 101–111. https://doi.org/10.3844/jssp.2013.101.111
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. 6, 14114–14120.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 2(2), 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Sarah, S. (2023). Pengaruh Media Tangram Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin. UIN Antasari Banjarmasin, 86.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan KUalitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 207.
Suhardi, R. J. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Visual Tangram terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Watumotaha Kecamatan Ngapa Kabupaten Kolaka Utara. Universitas Negeri Makassar.
Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAHULUAN Berbicara soal kualitas pendidikan , tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran di ruang kelas . Pembelajaran di ruang kelas mencakup dua aspek penting yakni guru dan siswa . Guru mempunyai. II, 43–48.
Tian, X. (2012). The art and mathematics of Tangrams. Bridges, 553–556.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6117
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0